Kenduri Durian, Pestanya Warga Jombang untuk Menikmati Durian Gratis

Kenduri Durian, Pestanya Warga Jombang untuk Menikmati Durian Gratis
info gambar utama

Penggemar buah durian di Jombang baru rampung berpesta menikmati durian gratis dalam acara Kenduri Durian.

Pada hari Minggu (5/3) Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur (Jatim), begitu ramai. Orang-orang berkumpul di lapangan dan area sekitarnya. Mereka sedang merayakan acara Kenduri Durian.

Kenduri Durian di Wonosalam dilaksanakan layaknya pesta rakyat. Ada pula sejumlah gunungan yang berisi hasil bumi setempat. Gunungan-gunungan tersebut terdiri dari sayur-sayuran dan tentunya tak lupa buah durian.

Gunungan-gunungan tersebut diarak ke lapangan lalu masyarakat mengambil isinya. Tentu saja para pecinta durian tidak mau melewatkan kesempatan ini. Durian gratis pun diambil warga dan dinikmati bersama-sama.

Kenduri Durian bukan sekedar pesta rakyat, melainkan sekaligus ekspresi syukur atas rejeki yang diberikan Tuhan, terutama rejeki berupa melimpahnya produksi durian di Wonosalam.

Terdapat sembilan gunungan durian di mana satu gunungan utama dibuat dengan satu gunungan paling besar. Total, ada lebih dari 2 ribu buah durian dibagikan secara gratis.

Wonosalam memang dikenal sebagai daerah penghasil durian di Jombang. Total pohonnya mencapai lebih dari 147 ribu di mana lebih dari 81 ribu di antaranya sudah berbuah. Kepala Dinas Pertanian Jombang Moch Rony menjelaskan jika berbagai varietas durian dapat ditemui di sana.

"Varietasnya banyak, ada juga yang lokal," ujar Moch Rony seperti dilansir ANTARA.

Meriahnya Kenduri Durian di Wonosalam jelas menggambarkan bahwa durian adalah buah yang sangat digemati masyarakat. Namun, memang seberapa besar produksi dan konsumsi durian oleh orang Indonesia?

Menjelajah Klaten sebagai Surganya Kuliner Soto yang Abadi

Konsumsi dan Produksi Durian Indonesia

Bicara soal konsumsi buah masyarakat Indonesia, ternyata angkanya tak begitu tinggi. Data BPS terbitan 2021 yang dikutip oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI menunjukkan jika rata-rata konsumsi buah masyarakat Indonesia sebesar 81,14 gram/kapita/hari.

Perlu diketahui, angka tersebut berada di bawah standar WHO. Konsumsi buah masyarakat Indonesia hanya sebesar 54,09% dari batas minimal yang ditetapkan.

Menariknya, apabila data tersebut dirinci lagi maka akan semakin tampak jika durian merupakan salah satu buah favorit orang Indonesia. Durian tidak termasuk ke dalam urutan empat daftar buah yang paling banyak dikonsumsi padahal banyak orang yang menggemarinya.

Pisang adalah buah yang paling banyak dikonsumsi dengan angka rata-rata 24,71 gram/kapita/hari, lalu di urutan kedua ada jeruk (12,57 gram/ kapita/hari), pepaya (11,71 gram/kapita/hari), dan semangka (8,57 gram/kapita/hari).

Lain halnya dengan urusan produksi. Ternyata Indonesia adalah penghasil durian yang produktif. Durian ada di urutan kelima buah yang paling banyak diproduksi Indonesia.

Buah dengan angka produksi terbesar adalah pisang (8,74 juta ton/33,67%), nanas (2,89 juta ton/11,13%), mangga (2,84 juta ton/10,94%), jeruk siam (2,4 juta ton/9,24%), dan durian (1,35 juta ton/5,2%).

Susuk Wangan, Upacara Menghormati Air bagi Warga Desa Setren Wonogiri

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini