Mengenal Fitur NFC di Ponsel Pintar, Apa Gunanya?

Mengenal Fitur NFC di Ponsel Pintar, Apa Gunanya?
info gambar utama

Kian hari fitur ponsel semakin canggih. Banyak pertimbangan seseorang dalam membeli ponsel baru, salah satunya kesediaan fitur NFC. Namun, apakah Kawan sudah mengenal fitur ini di ponsel pintar (smartphone) secara tepat?

Bila mengetahui fitur NFC dengan saksama, banyak manfaat atau kegunaan yang bisa Kawan dapatkan. Singkatnya, fitur ini merupakan fitur komunikasi nirkabel dengan medan magnetik.

NFC berada setingkat di atas dibandingkan jaringan WiFi, bluetooth, dan infared. Transmisi NFC lebih cepat dibandingkan bluetooth sehingga praktis dan mudah digunakan.

Kalau Kawan tim bayar cashless, pasti setidaknya pernah memanfaatkan fitur ini. Namun, ternyata kegunaan fitur ini tidak hanya untuk pembayaran saja. Penasaran dengan fitur NFC dan kegunaannya? Simak informasinya berikut ini, ya!

Apa Itu NFC?

Apa Itu NFC | Foto: Jonas Leupe/Unsplash
info gambar

NFC, kependekan dari near-field communication, yaitu sebuah teknologi yang dapat menghubungkan dua perangkat jarak pendek untuk bertukar data.

NFC hampir sama dengan RFID (Radio Frequency Identification) pada kartu ATM atau kartu uang elektronik. Pada dasarnya, NFC merupakan evolusi dari RFID namun lebih canggih karena menawarkan keamanan yang lebih baik.

Hadirnya NFC pun tak lepas dari penemuan dan perkembangan RFID oleh Charles Walton. Dia mematenkan teknologi tersebut pada 1983.

Sejumlah smartphone kelas mid-end dan high-end sudah menjadikan NFC sebagai fitur standar. NFC mampu menghubungkan dua perangkat tanpa koneksi internet.

Selain itu, NFC hanya butuh sedikit daya dan lebih cepat prosesnya dibandingkan jaringan lain. Zaman serba digital saat ini sangat terbantu dengan fitur NFC.

Kegunaan NFC

NFC terkenal berguna sebagai solusi metode pembayaran cashless. Namun, ternyata NFC memiliki kegunaan lain yang memudahkan manusia melakukan berbagai aktivitas.

1. Memudahkan Transaksi Cashless

Kini masyarakat lebih menyukai transaksi cashless atau non-tunai di sejumlah pusat perbelanjaan. NFC memudahkan perpindahan informasi kartu debit dan kredit ke ponsel pintar menggunakan aplikasi.

Untuk melakukan pembayaran, Kawan hanya perlu menempelkan ponsel pintar ber-NFC ke alat penerima pembayaran. Bye, banyak kartu di dompet!

NFC juga memudahkan top-up (isi saldo) uang elektronik, seperti e-Money, Flazz, Brizzi, dan TapCash melalui aplikasi mobile banking. Jadi, Kawan tak lagi repot mengunjungi bank, ATM, atau minimarket untuk mengisi saldo kartu atau mengecek sisa saldo.

2. Terhubung dengan Perangkat Lain

Bila ponsel pintar sudah ber-NFC, Kawan tak perlu repot menghidupkan bluetooth untuk berbagi file atau dokumen, seperti foto, video, aplikasi, dan kontak telepon. NFC mampu menghubungkan antar perangkat dan dinilai lebih cepat dibandingkan bluetooth.

Tak hanya ponsel dengan ponsel, tetapi bisa juga ponsel dengan perangkat lain, seperti speaker atau printer tertentu.

Misalnya, Kawan ingin mendengarkan musik dengan speaker wireless, maka cukup letakkan ponsel pintar di atas speaker. Pastikan speaker juga sudah didukung fitur NFC, ya!

3. Mengisi Daya Ponsel

Merasa repot harus membawa charger berkabel?

Ponsel pintar ber-NFC memungkinkan ponsel mengisi daya menggunakan wirelesss charger. Kegunaan yang satu ini memang belum banyak digunakan karena baru digagas pada 2020 oleh forum NFC.

4. Mengakses WiFi

Kawan bisa berbagi koneksi internet dengan ponsel pintar lain tanpa kata sandi. Caranya cukup saling mendekatkan bagian belakang ponsel pintar dan memindai chip NFC. Sudah pernah mencoba kecanggihan ini?

Nah, setelah menyimak informasi di atas, sekarang Kawan sudah mengenal fitur NFC di ponsel pintar, kan? Kawan bisa mempertimbangkan NFC sebagai salah satu fitur wajib ketika membeli ponsel pintar. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Referensi: Klasika Kompas | Digital Trends | Eraspace

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini