Persiapan Mudik Lebaran 2023, Pemerintah Siap Hadapi Lonjakan Kendaraan

Persiapan Mudik Lebaran 2023, Pemerintah Siap Hadapi Lonjakan Kendaraan
info gambar utama

Pemerintah melalui Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dikabarkan telah menggelar rapat koordinasi perihal arus mudik Lebaran 2023 pada Minggu (19/3/2023).

Secara spesifik, pertemuan ini membahas langkah antisipasi lonjakan pergerakan kendaraan roda empat saat mudik Lebaran 2023 di jalur tol Jakarta ke arah Cikampek, Cipali, sampai Semarang. Mobilitas kendaraan diprediksi akan meningkat dibandinkan dengan mudik Lebaran tahun lalu.

Kepada CNN Indonesia, Menhub Budi menyebut langkah itu dilakukan lebih awal sebagai strategi agar lebih siap dalam menghadapi arus mudik mendatang.

Ia menjelaskan, dari total 123,8 juta masyarakat Indonesia yang berpotensi mudik tahun ini, sebanyak 27,32 persen atau 27,32 juta di antaranya diprediksi menggunakan kendaraan pribadi roda empat.

Sementara itu, pihak Jasa Marga turut memprediksi jumlah kendaraan yang akan melintas di empat gerbang tol utama, yaitu Cikupa, Ciawi, Cikampek Utama, dan Kalihurip Utama, bakal lebih tinggi dibanding masa mudik Lebaran 2022.

Pada masa mudik kali ini, jumlah kendaraan yang keluar Jabodetabek diprediksikan sekitar 2,2 juta atau naik 2,8 persen. Sementara yang akan masuk Jabodetabek mencapai 2,3 juta kendaraan atau naik 1,4 persen.

Melansir laman resmi Kementerian Perhubungan RI, sejumlah upaya tengah dilakukan pemerintah dengan terus berkoordinasi bersama instansi terkait guna menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas, seperti contra flow, one way, pembatasan angkutan barang dan lain-lain.

Tak hanya itu, penambahan dan peningkatan fasilitas prasarana jalan seperti, perbaikan dan pelebaran jalan, penambahan rest area, penambahan marka jalan pun dilakukan untuk mendukung kalancaran mudik Lebaran tahun ini.

Menhub Budi juga mengimbau masyarakat untuk menghindari waktu puncak arus mudik dan balik. Seperti yang diprediksikan, peningkatan arus mudik sudah terjadi sejak H-3 atau Rabu 19 April 2023, dan akan mencapai puncaknya pada H-1 ata Jumat 21 April 2023.

Sementara untuk arus balik, puncaknya terjadi pada H+2 atau Selasa 25 April 2023 dan masih akan cukup tinggi hingga H+3 atau Rabu 26 April 2023.

Antisipasi Macet Mudik Lebaran 2023, Jurus Jitu Mulai Disiapkan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini