2 Pebalap Muda Indonesia Bakal Ngegas di Kejuaraan Dunia Motocross Junior 2023

2 Pebalap Muda Indonesia Bakal Ngegas di Kejuaraan Dunia Motocross Junior 2023
info gambar utama

Dua pebalap muda Indonesia akan beraksi dalam kejuaraan dunia motorcross level junior bertajuk FIM Junior Motocross World Championship 2023.

Dua pebalap tersebut adalah Akbar Aureliansyah Lubis dan Angga Athareyhansyah Lubis. Meski baru berusia sangat muda yakni 15 dan 14 tahun, mereka akan berjuang mengharumkan nama bangsa lewat kancah motocross.

Untuk diketahui, ajang FIM Junior Motocross World Championship 2023 yang diikuti Akbar dan Angga dijadwalkan digelar di TCS Racing Park, Rumania pada 7 Juli 2023 mendatang.

Membanggakannya lagi, Akbar dan Angga adalah dua pebalap yang bakal mencetak sejarah. Sebab, keduanya adalah pebalap muda Asia pertama yang tampil di FIM Junior Motocross World Championship.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo memberi dukungan kepada Akbar dan Angga. Bukan cuma di FIM Junior Motocross World Championship, Akbar dan Angga juga punya agenda melakoni sejumlah ajang internasional lainnya.

"Selain mengikuti FIM Junior Motocross World Championship, Akbar dan Angga mulai Maret hingga akhir musim 2023 juga akan mengikuti berbagai kejuaraan motocross di Eropa," ujar Bambang Soesatyo seperti dilansir ANTARA.

Adapun ajang lain yang akan diikuti Akbar dan Angga di antaranya yakni EMX 125 Motocross World Championship, National Belgium Motocross Championship, dan ONK Dutch Master Motocross Championship.

"Akbar dan Angga telah membuktikan bahwa pebalap motocross muda Indonesia juga bisa melanjutkan karier profesionalnya di tingkat dunia," lanjut Bambang Soesatyo.

Beraksinya Akbar dan Angga di panggung motocross internasional bisa dibilang hal yang memang sudah selayaknya. Sebab, mereka sudah kenyang akan prestasi cemerlang di kancah nasional.

Rentetan gelar nasional bergengsi pun sudah mereka koleksi. Sebagian gelar milik Akbar dan Angga adalah Juara Nasional MX 50, MX 65, dan MX 125. Mereka juga adalah peraih Medali Emas PON XX Papua.

FIM Junior Motocross World Championship merupakan ajang motocross yang diselenggarakan di bawah Fédération Internationale de Motocyclisme, badan dunia yang menaungi olahraga balap motor. Ajang ini diadakan sebagai wadah bagi pebalap muda dari berbagai belahan dunia untuk unjuk gigi.

FIM Junior Motocross World Championship untuk pertama kalinya diselenggarakan pada tahun 2004. Saat itu, balapan diselenggarakan di Kegums, Latvia. Awalnya, ada dua kelas yang lombakan yakni 125cc dan 85cc. Kemudian mulai tahun 2010, turut dilombakan pula kelas 65cc.

Sejak 2004 itu FIM Junior Motocross World Championship menjadi agenda tahunan motocross internasional. Hanya pada tahun 2020 ajang tersebut tidak diselenggarakan.

Jokowi Mendapatkan Titel Sebagai ‘Bapak Olahraga Indonesia’



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini