Everyone's Favorite: Bagaimana Indomie Bisa Mendunia?

Everyone's Favorite: Bagaimana Indomie Bisa Mendunia?
info gambar utama

Indomie telah memperluas jangkauannya ke lebih dari 80 negara dan telah menjadi perusahaan yang mapan di luar negeri. Hal ini juga terlihat dari berbagai penghargaan yang telah diraih oleh Indomie. Kantor-kantor regional juga telah didirikan untuk membantu Indomie berkembang di setiap negara tersebut. Sebagai contoh, di Nigeria, Indomie telah mendirikan pabriknya sendiri di negara tersebut, yang merupakan pasar utama untuk merek ini. Pabrik-pabrik ini didirikan untuk memudahkan Indofood mendistribusikan produknya. Ketersediaan toko-toko pasar Indonesia atau Asia di negara-negara lain juga telah berkontribusi pada pertumbuhan Indomie.

Indomie, mie instan khas Indonesia yang enak, memiliki keunggulan karena dapat dinikmati oleh masyarakat di seluruh dunia. Banyak orang Indonesia yang mencari Indomie sebagai sarana untuk memuaskan kerinduan mereka akan makanan Indonesia ketika mereka bepergian ke luar negeri. Selain itu, warga negara Indonesia yang tinggal di negara lain juga sering menjadikan Indomie sebagai salah satu makanan instan favorit mereka dan membawanya. Para pelancong yang berkunjung ke Indonesia juga menjadikan Indomie sebagai salah satu tujuan wisata mereka. Inilah mengapa pada akhirnya Indomie tidak hanya dapat ditemukan di Indonesia, tetapi juga di berbagai negara di Asia, Afrika, Eropa, Amerika Serikat, dan Australia.

Gelombang Pemasaran: Strategi Memasuki Pasar Global

Kesuksesan Indomie di pasar internasional tidak semata-mata karena rasanya, tetapi juga karena perusahaan ini telah menerapkan berbagai strategi untuk tetap bisa bersaing. Salah satu strategi tersebut adalah pendirian pabrik Indofood di berbagai negara. Selain itu, Indomie juga mengandalkan kampanye pemasaran kreatif yang beresonansi dengan konsumen secara personal, yang telah membantu merek ini menembus pasar yang lebih besar.

Indomie juga memanfaatkan kehadiran pameran di berbagai negara untuk mempromosikan produk mereka. Pameran sendiri pada dasarnya sangat berkontribusi pada penyebaran informasi suatu produk. Selain itu, Indomie juga berusaha membangun hubungan yang kuat dengan para pelanggannya, seperti melalui jaringan Mie Community, yang telah membantu menumbuhkan pelanggan setia di berbagai negara.

Indofood juga berinvestasi besar-besaran di bidang pemasaran dan periklanan, bahkan perusahaan ini memasang spanduk besar yang mengiklankan Indomie di jalan raya yang mengarah ke kota Mekkah. Di Arab Saudi, Indomie juga mendapatkan waktu tayang yang signifikan di stasiun televisi lokal.

Selain itu, Indomie juga menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan di berbagai negara untuk mendapatkan lisensi bisnis, sehingga produknya dapat didistribusikan secara lebih luas dan diterima di pasar mancanegara. Beberapa di antaranya adalah Pinehill Arabia Food Limited (Arab Saudi), De United Food Industries Limited (Nigeria), dan Indoadriatic Industry (Serbia) di mana ketiganya memiliki hak untuk menggunakan merek Indomie di negaranya masing-masing.

Standarisasi Kualitas

Indomie menawarkan berbagai inovasi dan rasa yang dikembangkan melalui penelitian dan adaptasi terhadap preferensi dan selera konsumen. Di sisi lain, prioritas perusahaan tidak hanya untuk memperluas pasar dan memastikan kesuksesan penjualan, tetapi juga untuk memastikan keamanan konsumennya. Franciscus Welirang, presiden direktur perusahaan, menekankan komitmen Indofood Sukses Makmur untuk memenuhi standar produksi internasional untuk Indomie. Gandum yang digunakan dalam produksi Indomie, yang didatangkan dari negara lain, harus memenuhi standar tertentu. Perusahaan mematuhi Hazard Analysis and Critical Control Points (HACCP) dan ISO 9001:2000 untuk memastikan kontrol kualitas.

Dalam memasuki pasar internasional, Indofood memprioritaskan untuk memproduksi makanan yang berkualitas tinggi, aman, dan legal untuk dikonsumsi. Perusahaan menekankan pada kesegaran, kebersihan, nilai gizi, rasa, kepraktisan, keamanan, dan legalitas konsumsi untuk memastikan kualitas produk yang prima. Perusahaan juga sangat mementingkan keamanan konsumen, tidak hanya pada produk akhir, tetapi juga pada proses produksi yang memenuhi standar internasional.

Bahkan, Indofood juga bekerja sama dengan institusi medis untuk memberikan informasi mengenai dampak buruk konsumsi mi instan yang berlebihan dan analisis nutrisi untuk membantu para pecinta mi menikmati mi favorit mereka tanpa rasa khawatir.

Dari Mi Instan hingga Merebut Hati Jutaan Orang

Indomie menggunakan berbagai cara untuk mempromosikan produknya dan menciptakan citra yang berbeda di benak konsumen. Indomie dikenal luas sebagai merek mie instan Indonesia yang menawarkan cita rasa tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Indomie juga dikenal karena kenyamanan dan fleksibilitasnya karena dapat dengan mudah disiapkan dan dikonsumsi dengan berbagai pelengkap. Popularitasnya di berbagai negara dapat dikaitkan dengan daya tarik universal dan rasanya yang luar biasa. Melalui strategi pemasaran yang efektif, Indomie telah menjadi produsen mie instan terkemuka di dunia dengan fasilitas produksi yang didirikan di berbagai negara.

Referensi:

Suhairi, et al. (2022). Analisis Strategi Mutu Produk Indomie untuk Memenuhi Standarisasi Pasar Global. Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA), 3, 2, pp. 1109-1112

Izzaty, Wildan, Nuri Aslami. Indomie Product Marketing Strategy in Entering International Marketing. Journal of Social Research, 1, 2, p. 67

Suhairi, et al. (2023). Strategi Pemasaran Produk Indomie (PT Indofood Sukses Makmur) dalam Pasar Internasional. MRI: Jurnal Manajemen Riset Inovasi,1, 1, p. 142

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Diandra Paramitha lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Diandra Paramitha.

Terima kasih telah membaca sampai di sini