Menjelajahi Museum Terbuka Terbesar di Dunia: Sejarah & Hantu Tradisional di Ancient City

Menjelajahi Museum Terbuka Terbesar di Dunia: Sejarah & Hantu Tradisional di Ancient City
info gambar utama

Thailand adalah negara yang terkenal dengan sejarahnya yang kaya dan budayanya yang menarik. Negara ini adalah negeri dengan kuil-kuil yang megah, pantai-pantai yang indah, makanan yang lezat, dan orang-orang yang ramah. Salah satu cara terbaik untuk merasakan budaya dan sejarah Thailand yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengunjungi Ancient City, yang juga dikenal sebagai Muang Boran. Museum ini dapat menjadi salah satu pilihan destinasi Anda ketika mengunjungi Thailand.

Terletak di luar kota Bangkok, sekitar 30 km di luar pusat kota Bangkok di distrik Samut Prakan, Ancient City Thailand merupakan taman luas yang menawarkan pengunjung tentang kekayaan budaya dan sejarah negara ini. Ancient City di Thailand ini merupakan museum outdoor yang membentang di atas lahan seluas 315 hektar dan menampilkan 120 struktur arsitektur yang berbeda dari berbagai periode dan wilayah di seluruh negeri. Semua replika yang ada di sini dibuat dengan sangat teliti dan detail, sehingga memberikan pengalaman yang autentik bagi pengunjung.

Taman ini merupakan gagasan dari Lek Viriyahbhun, yang lahir pada tahun 1914 dari keluarga pengusaha Tionghoa di Sampeng, Thailand. Setelah belajar di Shanghai, ia mengembangkan minatnya terhadap seni dan budaya dari berbagai negara. Ketika dia kembali ke Thailand untuk membantu bisnis keluarganya, dia mulai mengumpulkan barang antik dan artefak, yang menginspirasinya untuk membuat taman yang akan menampilkan warisan budaya Thailand.

Wilayah yang berbeda, Budaya yang berbeda.

Karena tempatnya yang luas, museum Ancient City ini terbagi dalam beberapa wilayah, yakni Wilayah Utara, Wilayah Timur Laut, Wilayah Tengah, Wilayah Selatan, dan Suvarnabhumi. Wilayah di dalam Ancient City ini mewakilkan berbagai periode sejarah, budaya, dan arsitektur Thailand dari berbagai daerah di Thailand. Setiap zona juga mewakili karakteristik khas dari wilayah yang berbeda.

Melalui museum ini, kita bisa menjelajahi berbagai wilayah di Thailand dan merasakan warisan budayanya yang unik. Di Wilayah Utara, kita bisa melihat arsitektur Lanna yang megah, dengan kuil-kuil tradisional dan kepercayaan yang diwariskan dari generasi ke generasi. Di wilayah Timur Laut, yang dikenal sebagai Isaan, ini merupakan pusat pertanian yang luas dengan perayaan yang terkait erat dengan acara keagamaan untuk meminta hujan dari para dewa, yang menampilkan arsitektur yang dipengaruhi oleh negara-negara tetangga.

Kemudian ada jantung budaya Thailand di Wilayah Tengah, di mana Sungai Chaopraya telah menjadi pusat peradaban negara ini sejak Kerajaan Ayutthaya. Di Wilayah Selatan, kita bisa melihat perpaduan seni dan budaya yang kaya dari berbagai agama dan ras yang memberikan penghormatan kepada hasil unik dari perpaduan mereka. Terakhir, adalah wilayah Suvarnabhumi, tempat hadirnya keberuntungan seperti yang digambarkan di dalam sumber-sumber sastra India kuno dan teks-teks Buddha, yang dihidupkan kembali melalui arsitektur Kota Kuno yang indah.

Tidak Hanya Belajar Sejarah, Tetapi Juga Hantu Tradisional

Ada yang menarik dari museum outdoor ini. Pengunjung tidak hanya dapat belajar tentang sejarah Thailand, tetapi juga tentang hantu-hantu tradisional yang ada di Thailand. Museum ini memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk belajar lebih banyak tentang kepercayaan dan budaya populer yang berkaitan dengan hantu dan makhluk mitologi di Thailand. Museum ini menampilkan patung atau replika hantu tradisional Thailand beserta penjelasannya, sehingga bukan hanya kengerian yang dirasakan pengunjung, tapi juga ada pelajaran yang bisa dipetik.

Yang membuat museum ini semakin menarik adalah museum ini menggunakan sensor untuk mendeteksi kedatangan pengunjung. Jadi bagian hantu akan menyala dan replika hantu akan bergerak sendiri. Ditambah lagi dengan suara-suara yang muncul akan memberikan kesan mencekam. Museum ini akan memberikan pengalaman unik tersendiri dan memberikan kesan yang tidak biasa bagi para pengunjung.

Ancient City bukan hanya sebuah museum, tetapi juga merupakan pusat pendidikan dan budaya yang penting bagi masyarakat Thailand. Museum ini telah menjadi tempat yang populer untuk acara-acara budaya, seperti festival dan pameran seni. Salah satu acara tersebut adalah festival cahaya Ancient City, yang berlangsung pada tahun 2023 dan menampilkan pertunjukan cahaya dan suara yang mengelilingi pameran kupu-kupu dan bunga. Ancient City juga menjadi tujuan populer bagi para produser film dan serial, serta menjadi tuan rumah konser kelas dunia, karena struktur arsitektur otentik dan lingkungannya yang indah yang secara sempurna mencerminkan kehidupan sosial masa lalu di Siam.

Source: muangboranmuseum.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Diandra Paramitha lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Diandra Paramitha.

Terima kasih telah membaca sampai di sini