Bakal Jadi IKN, 7 Rekomendasi Wisata di Kalimantan Timur

Bakal Jadi IKN, 7 Rekomendasi Wisata di Kalimantan Timur
info gambar utama

Apakah Kawan ingin berlibur di luar pulau Jawa, seperti Kalimantan Timur? Tentunya kita tahu bahwa banyak wisata yang beredar di Indonesia. Salah satu rekomendasi wisata yang ciamik dan ikonik adalah Kalimantan Timur. Mengapa Kalimantan Timur begitu ciamik dan ikonik?

Sebab, rencananya Presiden RI Jokowi ingin membangun ibukota baru di Kalimantan Timur. Tentunya hal ini bisa meningkatkan perekonomian daerah di Kalimantan Timur, khususnya bidang pariwisata. Untuk itu, ada beberapa rekomendasi wisata yang ditawarkan di Kalimantan Timur.

1. Pulau Derawan

Pulau Derawan
info gambar

Selain menyajikan pulau besar, Kalimantan Timur juga memiliki daerah dengan pulau kecil yang memukau. Yap, pulau tersebut bernama Pulau Derawan. Pulau ini begitu dinikmati oleh wisatawan lokal maupun luar negeri. Dengan gugusan pulau yang cantik, banyak wisatawan melakukan kegiatan liburan, seperti snorkeling, berswafoto, dan bersantai.

Kawan juga tidak perlu khawatir soal bermalam di pulau cantik ini. Sebab, sudah ada banyak penginapan dengan harga terjangkau yang bisa Kawan pesan. Dengan hamparan pasir putih sekaligus hutan pantai yang lembut, Kawan bisa menikmati healing dengan nyaman dan tentram di Pulau Derawan.

2. Danau Jempang

Danau Jempang
info gambar

Apakah Kawan ingin menikmati wisata gratis di danau? Maka, Kawan bisa mengunjungi Danau Jempang di Kutai Barat, Kalimantan Timur. Danau dengan kedalaman 7 hingga 8 meter ini menawarkan air danau yang indah.

Ditambah, danau ini diakui sebagai danau terbesar di Indonesia, loh. Selain bersantai di pinggir danau, Kawan juga bisa menikmati flora dan fauna, serta pemukiman warga yang masih tradisional.

3. Batu Dinding

Bukit Batu Dinding
info gambar

Siapa nih, yang suka dengan kegiatan naik bukit? Yap, di Kalimantan Timur menyajikan bukit cantik bernama Batu Dinding. Destinasi wisata ini berlokasi di Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Selain spot puncak bukit yang memukau, Kawan juga bisa menyaksikan beberapa wisata lain, seperti perkebunan jeruk dan buah naga, serta pohon karet. Suasana yang tenang dan udara yang segar membuat Kawan betah berlama-lama di puncak bukit. So, apakah Kawan ingin mendaki bukit ini?

4. Goa Haji Mangku

Goa Haji Mangku
info gambar

Di Pulau Maratua, terdapat sebuah goa cantik dengan lintasan air berwarna biru. Goa tersebut bernama Goa Haji Mangku. Kawan bisa berendam di air payau yang memang pintu masuknya harus masuk ke mulut goa.

Dengan penyinaran yang sedikit di area ini, goa tersebut juga eksotis dengan lekukan dari batuan goa yang memukau. Kawan bisa melakukan berenang atau menyelam di air goa ini.

5. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Jika Kawan ingin menikmati hamparan hijau oleh danau dan pepohonan, maka Kawan bisa mengunjungi Taman Rekreasi Lembah Hijau. Taman ini terletak di kota Samarinda. Ada beberapa aktivitas yang bisa Kawan lakukan, seperti kolam pemancingan, pendopo, dan kafetaria.

Kawan juga bisa menikmati sarana hiburan yang seru, seperti flying fox, waterboom, dan jaring panjat. Kira-kira Kawan ingin menikmati hiburan yang mana di Taman Rekreasi Lembah Hijau?

6. Labuan Cermin

Labuan Cermin
info gambar

Wisata yang sangat hits di Kalimantan Timur. Yap, wisata tersebut adalah Danau Labuan Cermin. Mengapa begitu populer di Kalimantan Timur? Sebab, air danau ini benar-benar berkilau seperti cermin. Kawan bisa melihat kejernihan dalam air tersebut.

Ditambah, beberapa pohon yang mengelilingi air danau ini menambah estetika, loh. Kawan bisa menikmati berlayar bersama pemandu atau sekedar bersantai di pinggir danau.

7. Taman Nasional Kutai

Taman Nasional Kutai
info gambar

Tidak nyaman rasanya kalau Kawan tidak berkunjung ke Taman Nasional Kutai. Wisata sekaligus tempat edukasi ini menawarkan begitu ragam flora dan fauna, loh. Lingkungan wisata yang masih asri sekaligus menikmati lalu lalang fauna yang membanjiri di Taman Nasional Kutai.

Binatang yang kemungkinan besar Kawan temukan adalah burung. Sebab, 80% dari seluruh jenis burung terdapat di Taman Nasional Kutai. Kawan juga bisa menemukan orangutan di sana.

Nah, bagaimana dengan rekomendasi wisata Kalimantan Timur di atas? Jika Kawan berkunjung ke salah satu tempat di sana, hal itu bisa menambah pengalaman baru, loh. Kemungkinan besar Kawan tidak bisa menemukan wisata unik ini di daerah lain.

Referensi: blibli.com | celebes.co | traveloka.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini