7 Ide Bisnis Jelang Pemilu 2024, Ladang Cuan!

7 Ide Bisnis Jelang Pemilu 2024, Ladang Cuan!
info gambar utama

Euforia dari Pemilu 2024 begitu tinggi di mata masyarakat, khususnya partai politik. Alhasil, banyak pihak yang memanfaatkan ini untuk kepentingan tertentu, salah satunya pelaku bisnis. Nantinya, ada pelaku bisnis baru yang membuat ide bisnis dengan menyesuaikan acara Pemilu 2024. Lalu, apa saja ide bisnis jelang Pemilu 2024?

1. Periklanan

Periklanan

Dalam bisnis periklanan, Kawan harus dituntut serba bisa dalam mengonsep iklan serta melaksanakan iklan. | Sumber: Pexels.com (Mikael Blomkvist)

Apakah Kawan mempunyai kemampuan untuk mendesain dan beriklan? Nah, banyak agensi yang menawarkan layanannya ke beberapa partai politik terkait hal tersebut. Dengan kemeriahan Pemilu, partai politik membutuhkan agensi periklanan untuk menyebarkan pamflet, baliho, atau poster ke beberapa lingkungan masyarakat.

Ditambah, agensi periklanan biasanya menyajikan jasa desain merchandise untuk bingkisan kepada tim sukses partai politik, seperti kalender, mug, gantungan kunci, buku catatan, dan lain-lain. Apakah Kawan tertarik untuk memulai bisnis periklanan tahun ini?

2. Event Organizer

Apakah Kawan senang dengan perancangan acara? Nah, Kawan bisa menyusun agensi yang menawarkan pembuatan event kepada partai politik. Tentunya, hal sangat dibutuhkan oleh partai politik untuk program kampanyenya.

Baca juga: Pemilu Berkualitas dan No Hoax untuk Indonesia 2024

Beberapa event yang biasa disajikan di kampanye, seperti sosialisasi partai politik, hiburan partai politik (konser), dan seminar politik. Event organizer tentu membutuhkan beberapa divisi, seperti publikasi dan dekorasi, desain grafis, perancangan acara, hubungan masyarakat, dan lain-lain.

3. Konveksi/Tekstil

Bisnis konveksi merupakan bisnis di bidang fesyen yang menawarkan desain baju, kemeja, celana, bendera, dan topi. Biasanya, bisnis konveksi dibutuhkan oleh partai politik untuk menjadi vendor dalam pembuatan fashion exclusive untuk tim suksesnya.

Ditambah, mereka akan membutuhkannya dalam jumlah yang banyak. Tentunya hal ini bisa menjadi ladang cuan bagi perusahaan konveksi. Apakah Kawan ingin memulai bisnis di bidang ini?

4. Katering

Ide bisnis jelang Pemilu 2024 adalah katering. Yap, katering bisa menjadi pilihan untuk Kawan yang menyukai bisnis kuliner dengan skala besar. Mengapa hal itu diperlukan untuk partai politik?

Alasannya, partai politik membutuhkan penyediaan logistik (makanan dan minuman) untuk anggota kampanye, panitia, dan masyarakat. Ditambah, masa Pemilu membuat permintaan jasa logistik semakin tinggi.

5. Buzzer Online

Ada jasa yang memang sering dijadikan alat partai politik, nih. Dia adalah buzzer online. Bisnis ini terbilang cukup mudah karena Kawan menjadi pendukung partai politik tertentu di media sosial. Nantinya, Kawan akan melakukan branding partai politik di media sosial dengan konten-konten partai politik secara positif.

Baca juga: 5 Cara Bijak Menangkal Hoaks pada Pemilu 2024

Hal ini bisa mendongkrak citra dan popularitas politik. Ditambah, jika Kawan berhasil menggaet influencer tertentu untuk masuk ke partai politik. Cara ini juga bisa menjadi efektif karena menurunkan isu-isu negatif partai politik yang tersebar di media sosial.

6. Jasa Pembuatan Website/Aplikasi

Untuk menggaet generasi muda, partai politik membutuhkan suatu website atau aplikasi yang berisi kampanye. Ditambah, dalam situs atau aplikasi, partai politik bisa menyajikan informasi soal blog partai, hiburan kampanye, dan informasi tentang calon kandidat.

Maka dari itu, kebutuhan web/apps developer sangat tinggi selama Pemilu 2024. Apakah Kawan ingin mencoba bisnis jasa ini?

7. Sales Penyedia Internet

Apakah Kawan ingin berprofesi sebagai sales penyedia internet tertentu? Ternyata, jasa penyedia internet dibutuhkan juga bagi partai politik, lo. Sebab, partai politik akan membangun rumah atau gedung khusus bagi calon kandidat, anggota, dan tim sukses partai politik.

Mereka akan melakukan rapat, sosialisasi, atau hiburan berbasis digital. Nah, dalam digital ini, pastinya partai politik membutuhkan internet. Hal itulah yang menjadi peluang bagi sales provider internet untuk menawarkan produknya kepada partai politik.

Baca juga: Mewujudkan Pemilu Tertib: Persiapan dan Tantangan yang Harus Diatasi

Itulah beberapa ide bisnis jelang Pemilu 2024 yang bisa Kawan coba. Jangan lupa untuk variasikan produk atau jasa Kawan agar terlihat menarik di mata partai politik. Cobalah untuk bangun relasi di media sosial agar lebih dilirik oleh partai politik. Lalu, riset pasar untuk kelayakan usaha dan kualitas produk/jasa lebih terjamin. Semangat!

Referensi: blog.qasir.id | campusnesia.co.id | entrepreneur.bisnis.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini