Mengenal Pangkat Mayor TNI, Dari Singkatan, Gaji hingga Tunjangan

Mengenal Pangkat Mayor TNI, Dari Singkatan, Gaji hingga Tunjangan
info gambar utama

Tentara Nasional Indonesia secara umum memiliki kepangkatan sebagai sebuah keselarasan jenjang kemiliteran yang ada di TNI AD, TNI AL, dan TNI AU. Dari pangkat Perwira Tinggi hingga Tamtama untuk pangkat terendah di TNI. Kepangkatan ini akan memengaruhi wewenang dan tanggungjawab yang akan diemban selama menjadi bagian dari TNI.

Ini Dia Urutan Lengkap Pangkat dan Lambang TNI AD, AL, dan AU di Indonesia

Salah satu pangkat yang cukup banyak diketahui adalah Mayor. Pangkat yang dimiliki oleh para Perwira Tengah dalam kedudukan komando. Pada umumnya, pangkat Mayor memiliki satu tingkat di atas Kapten dan satu tingkat di bawah Letnan Kolonel.

Dalam kepangkatan militer, pangkat Mayor akan dikategorikan sebagai seorang perwira "Level 4" yang menjadi pangkat terendah pada jenjang perwira menengah setelah mendapatkan promosi kenaikan pangkat dari Kapten.

Pangkat Mayor TNIPakaian
Pakaian dinas upacara
(PDU)
Pakaian dinas harian
(PDH)
Pakaian dinas lapangan
(PDL)
Komando
Staf

Setelah mengetahui apa itu Mayor di kemiliteran, Kawan juga dapat mengetahui kepangkatan lainnya beserta singkatannya. Tetapi jangan sampai tertukar karena meskipun ada kata"Mayor"nya di dalam nama kepangkatan namun tetap berbeda.

Berikut kepangkatan di militer yang terdapat Mayor.

  1. Mayor Jenderal (Mayjend)
    Kepangkatan di militer yang berada di Perwira Tinggi yang satu tingkat di atas Brigadir Jenderal.
  2. Sersan Mayor (Serma)
    Kepangkatan militer untuk pangkat bintara peringkat ketiga yang berada di bawah Pembantu Letnan Dua dan di atas Sersan Kepala.

Cara Kapten Naik Pangkat Jadi Mayor

Setelah mengetahui apa itu Mayor yang ada di kemiliteran Indonesia, lalu bagaimana seseorang bisa diangkat dari Kapten menjadi seorang Mayor?

Berdasarkan PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 26 TAHUN 1957 TENTANG PERATURAN GAJI MILITER menyebutkan ada aturan-aturan khusus dan syarat-syarat umum yang harus dipenuhi seperti diangkat dari pangkat Kapten yang sudah bekerja dalam pangkat tersebut sekurang-kurangnya dalam tahun yang sudah ditentukan, lulus PPL-I, memiliki konduite baik serta bila ada lowongan sesuai dengan golongannya.

Gaji dan Tunjangan Mayor TNI

Untuk dari gaji seorang Mayor yang dihimpun dari berbagai sumber terbaru menyebutkan bahwa ada di sekitar Rp3.000.100 sampai Rp4.930.100.

Untuk tunjangan sendiri bervariasi tergantung pangkat dan kelas jabatannya. Namun, seorang TNI juga akan mendapatkan tunjangan lainnya seperti:

1. Tunjangan suami atau istri: 10% dari gaji pokok.
2. Tunjangan anak: 2% dari gaji pokok untuk maksimal 2 anak.
3. Tunjangan beras: 18 kg beras per sebulan dengan harga Rp8.047 per kg, dan tambahan 10 kg beras. per bulan untuk istri dan dua orang anak.
4. Tunjangan jabatan: Sesuai jabatan struktural dengan besaran berkisar Rp360.000 sampai Rp5.500.000 per bulan.
5. Tunjangan lauk pauk: Rp60.000 per hari.
6. Tunjangan operasi keamanan: 150% dari gaji pokok jika bertugas di pulau kecil terluar tanpa penduduk, 100% dari gaji pokok jika bertugas di pulau kecil terluar berpenduduk, 75% dari gaji pokok jika bertugas di perbatasan, dan 50% dari gaji pokok jika bertugas sementara di wilayah perbatasan dan pulau kecil terluar.

Untuk gaji sendiri diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No.19 Tahun 2019 tentang perubahan kedua belas dari Peraturan Pemerintahan No.8 tahun 2021 tentang peraturan gaji pokok anggota TNI. Sedangkan untuk tunjangan anggota TNI diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 102 tahun 2018.

Gaji pokok anggota TNI sendiri akan naik sesuai dengan masa kerja dan pangkatnya sesuai dengan peraturan yang berlaku serta pendidikan dari anggota tersebut.

Sumber artikel:

https://id.wikipedia.org/wiki/Tanda_Kepangkatan_Tentara_Nasional_Indonesia_Angkatan_Darat
https://id.wikipedia.org/wiki/Mayor
https://id.wikipedia.org/wiki/Sersan_Mayor_(TNI)
https://id.wikipedia.org/wiki/Mayor_Jenderal
https://katadata.co.id/safrezi/berita/61f0fac5e9f48/daftar-gaji-tni-dan-tunjangannya-berdasarkan-pangkat

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nasuha Ali lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nasuha Ali. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

NA
KO
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini