AIESEC in Semarang Gerakkan Anak Muda Dalam Tingkatkan Pemahaman Isu SDGs di Semarang

AIESEC in Semarang Gerakkan Anak Muda Dalam Tingkatkan Pemahaman Isu SDGs di Semarang
info gambar utama

Minggu, 30 Juli 2023 - AIESEC in Semarang merupakan salah satu organisasi yang menyelenggarakan proyek sosial untuk mendukung SDGs (Sustainable Development Goals) melalui Local Project dengan melibatkan anak muda di seluruh Indonesia, khususnya di Semarang.

Local Project AIESEC in Semarang terdiri dari lima proyek. Proyek ini berfokus pada beberapa tema, seperti lingkungan, pendidikan, kebudayaan, kewirausahaan, dan kesehatan yang berdasarkan pada beberapa SDGs, seperti SDG nomor 12, SDG nomor 4, SDG nomor 11, SDG nomor 8, dan SDG nomor 3.

Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman terkait isu sosial yang ada serta bisa menerapkannya pada masyarakat di Semarang. Salah satu kegiatan yang telah dilaksanakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah Local Project in Action pada kegiatan car free day Pleburan.

Gerakan Anak Muda Semarang di Local Project in Action

Kegiatan Local Project in Action
info gambar

Local Project in Action merupakan kegiatan sosialisasi kelima projek sosial AIESEC in Semarang untuk meningkatkan perhatian publik terhadap isu implementasi beberapa SDG di Kota Semarang. Kegiatan tersebut dihadiri hampir sebanyak 100 anak muda yang berasal dari berbagai latar belakang.

Anak-anak muda ini merupakan peserta dari kelima projek sosial AIESEC in Semarang yang telah melaksanakan projek sukarelanya selama satu bulan di berbagai tempat. Dalam kegiatan ini, mereka menyampaikan pesan-pesan terkait isu sosial yang mereka hadapi selama mengikuti proyek sosial dan mengadakan aktivitas sesuai dengan tema projek sosial yang mereka ikuti.

Kegiatan diawali dengan melakukan long march dari titik awal hingga memutari simpang lima, kemudian dilanjutkan dengan aktivitas di masing-masing booth projek sosial AIESEC in Semarang, seperti pemeriksaan kesehatan gratis dari HEALution 8.0, pengadaan mobil perpustakaan keliling dari Sunshine #18, pameran produk UMKM dari UPreneur 12.0, pameran batik dari EXPLORism 9.0, dan kampanye program pilah sampah dari REFORM #12.

Kegiatan Local Project in Action
info gambar

Kegiatan ini mendapat banyak dukungan dari beberapa mitra, khususnya dari pemerintah Kota Semarang melalui dinas terkait. Selain itu, masyarakat juga menunjukkan antusiasmenya dalam berpartisipasi di kegiatan Local Project in Action dengan ikut memberi dukungannya dalam bentuk tanda tangan di banner dan mengunjungi kelima booth sosial projek AIESEC in Semarang.

Masyarakat yang hadir pun terdiri dari berbagai kalangan usia, mereka tertarik dengan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di booth tersebut. Dengan kegiatan Local Project in Action dari AIESEC in Semarang, harapannya adalah semakin banyak masyarakat umum yang tergerak untuk lebih memperhatikan isu-isu implementasi SDG di Semarang dan turut berperan dalam mencapai tujuan dalam SDGs.

AIESEC adalah organisasi pemuda global, independen, nonprofit, nonpolitik yang berdiri sejak 1948. AIESEC memberi kesempatan bagi para pemuda untuk mengembangkan potensi kepemimpinan mereka melalui pengembangan kepemimpinan, pemahaman kebudayaan, dan pengalaman kebudayaan, melalui program-program pengembangan yang disediakan oleh AIESEC in Semarang, seperti contoh AIESEC Future Leader (AFL) yang melatih kepemimpinan dan Local Project yang bertujuan merealisasikan tujuan dari program pembangunan berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

AIESEC in Semarang berdiri sejak tahun 1991 sebagai entitas negara resmi yang berbasis pada wilayah Kota Semarang. Sebelumnya AIESEC in Semarang bernama AIESEC in Undip. Llalu, melihat bahwa banyaknya peminat oleh mahasiswa di luar Undip, AIESEC in Undip berubah nama menjadi AIESEC in Semarang pada tahun 2019. Organisasi ini sudah terdapat lebih dari 100 anggota aktif tiap tahunnya. Menjadi bagian dari 3 entitas besar AIESEC di Indonesia, AIESEC in Semarang telah memberikan lebih dari 200 kesempatan pengembangan kepemimpinan dan pemenuhan potensi pemuda melalui pengalaman yang nyata.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini