Setelah 14 Tahun, Indonesia Punya Medali dari Kejuaraan Panahan Asia

Setelah 14 Tahun, Indonesia Punya Medali dari Kejuaraan Panahan Asia
info gambar utama

Indonesia akhirnya punya medali dari Kejuaraan Panahan Asia. Sudah cukup lama Indonesia tidak mendapatkannya.

Indonesia ikut serta dalam Kejuaraan Panahan Asia atau Asian Archery Championships (AAC) 2023. Ajang tersebut diselenggarakan di Bangkok, Thailand, pada 3–10 November 2023 lalu.

Indonesia mengirim enam atlet pelatnas yang terdiri dari masing-masing 3 putra dan putri plus dua atlet mandiri dari Bali dan DKI Jakarta. Hasilnya, Indonesia meraih satu medali perunggu dari kategori recurve beregu putra yang menurunkan Riau Ega, Arif Pangestu, dan Bagas Prastyadi.

Atlet beregu putra Indonesia mendapat medali perunggu setelah mengalahkan Taiwan lewat pertarungan sengit. Salip-menyalip skor terjadi sejak putaran pertama hingga keempat.

Dalam dua putaran pertama, Indonesia unggul, namun Taiwan membalikkan keadaan pada putaran sisa sehingga skor menjadi 4-4 dan kedua tim harus melakoni babak shoot-off.

Indonesia tampil sangat baik di babak shoot-off dengan mencetak angka 10 – 10 – 9, sedangkan angka Taiwan adalah 10 – 10 – 8. Dengan demikian, tim putra Indonesia berhak atas perunggu, lalu medali emas didapat Korea Selatan dan perak disabet oleh Kazakhstan.

Sementara itu, beregu putri Indonesia terhenti di babak perempat final saat melawan Taiwan. Indonesia sempat unggul pada putaran pertama, namun performanya menurun pada putaran-putaran selanjutnya. Indonesia harus mengakui keunggulan Taiwan dengan skor 2 – 6.

Raihan medali ini adalah peningkatan pencapaian Indonesia di AAC. Maklum saja, Indonesia sudah 14 tahun tidak mendapatkannya.

Sebelumnya, medali terakhir Indonesia didapat di AAC 2009. Saat itu, I Gusti Nyoman Puruhito mendapat medali perak dari kategori compound individu putra.

UIM-ABP Aquabike World Championship 2023, Ajang Kelas Dunia yang Akan Hadir di Danau Toba

Tiket Olimpiade Belum Didapat

Di sisi lain, Indonesia belum bisa merebut tiket Olimpiade Paris 2024. Untuk diketahui, AAC 2023 juga merupakan ajang kualifikasi untuk Olimpiade.

Awalnya, Indonesia menargetkan merebut tiket olimpiade untuk beregu putra dan putri. Namun dengan hasil akhir yang diraih, Indonesia belum bisa lolos ke Olimpiade.

Sejauh ini, Indonesia sudah memegang tiket ke Olimpiade untuk kategori individu. Ada dua atlet yang lolos, yakni Arif Pangestu lewat jalur World Archery Championships di Jerman, serta Diananda Choirunisa lewat jalur Asian Games 2022.

Kini, atlet beregu Indonesia masih berpeluang melaju ke Olimpiade lewat jalur Piala Dunia Panahan 2024. Kualifikasi final menuju Olimpiadenya akan diselenggarakan di Antalya, Turki.

Mengenang Kusuma Wardhani, Sang Legenda Panahan Indonesia Pencetak Sejarah di Olimpiade

Referensi:

  • https://www.indonesiaarchery.org/2023/11/02/terbang-ke-bangkok-panahan-indonesia-berburu-tiket-beregu-olimpiade/
  • https://www.indonesiaarchery.org/2023/11/09/beregu-putra-rebut-tempat-ketiga-belum-beruntung-untuk-tiket-olimpiade-paris/



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini