PT PAL Indonesia Tangani Kapal Ayana Lako Di’a Jelang Libur Lebaran 2024

PT PAL Indonesia Tangani Kapal Ayana Lako Di’a Jelang Libur Lebaran 2024
info gambar utama

PT PAL Indonesia kembali mengerjakan permintaan MRO kapal jenis layanan wisata laut jelang masa libur panjang Lebaran 2024. Kali ini, PT PAL tengah menghandle proses MRO dari kapal pinisi wisata Ayana Lako Di’a.

Kapal Ayana Lako Di’a ini merupakan salah satu kapal wisata milik Ayana Komodo Resort Group, Nusa Tenggara Timur. Kapal pinisi dengan balutan kayu jati ini memiliki panjang sekitar 54 m dengan kapasitas penumpang maksimum sebanyak 18 orang.

PT PAL melakukan MRO tahunan secara rutin guna memastikan bahwa Kapal Ayana Lako Di’a selalu berada pada kondisi yang prima. Hal ini mengingat peran Kapal Ayana Lako sebagai kapal wisata.

Alternatif Solusi di Negara Kepulauan, PT PAL dan UNHAN salurkan Rumah Apung

Mengingat musim libur Lebaran 2024 yang semakin dekat, PT PAL pastikan seluruh proses MRO kapal Ayana Lako Di’a akan selesai di bulan Maret sehingga nantinya dapat kembali bertugas melayani penumpang tepat pada waktunya.

“Proses MRO kapal pinisi Ayana di PT PAL ini sendiri berjalan sekitar 14 hari, dengan rangkaian MRO yang terdiri dari pengecatan ulang, perawatan sistem propulsi, perawatan bulbous bow, guna mereduksi tekanan ombak saat kapal melaju.serta perawatan pada sistem air lautnya” Abdul Honi, Kepala Divisi Pemeliharaan dan Perbaikan.

Beragam tantangan

Kapal Ayana Lako Di’a/PT PAL
info gambar

Abdul Honi mengatakan ada beragam tantangan yang dihadapi oleh para karyawan PT PAL; salah satunya adalah kondisi keel kapal yang tidak datar, namun hal itu tidak serta merta menurunkan semangat para karyawan PT PAL untuk merampungkan proyek ini.

“Karena nyatanya tantangan ini sukses diatasi dengan baik oleh para karyawan PT. PAL. Kapal Pinisi Ayana sendiri ditargetkan sudah bisa melakukan undocking pada tanggal 23 Maret mendatang” pungkasnya.

Produk PT PAL Jadi Andalan TNI AL dalam Latihan Tanggap Darurat di Sorong

Keandalan dan kecakapan yang dimiliki oleh PT PAL dalam menyelesaikan beragam tantangan pada proyek MRO berbagai tipe kapal inilah yang pada akhirnya mampu membuat PT PAL semakin dipercaya oleh banyak pihak.

Mulai dari militer, penyedia layanan angkutan laut bahkan penyedia jasa wisata bahari seperti Ayana Komodo Resort Group yang sudah cukup lama mempercayakan segala urusan terkait MRO pinisi-pinisi mereka pada PT PAL Indonesia.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini