Profil Ernanda Putra, Desainer Jersey Timnas Indonesia yang Dicap Anti Kritik oleh Netizen

Profil Ernanda Putra, Desainer Jersey Timnas Indonesia yang Dicap Anti Kritik oleh Netizen
info gambar utama

Nama Ernanda Putra mencuat di tengah polemik yang melanda terkait jersey rilisan terbaru Timnas Indonesia.

Jersey terbaru dari Timnas Indonesia memang tengah menjadi perbincangan hangat di tengah pecinta sepakbola yang ada di tanah air.

Banyak netizen yang kecewa dengan tampilan terbaru jersey Timnas Indonesia, mulai dari desain hingga kualitasnya.

Bahkan, tidak sedikit netizen yang membandingkan jersey terbaru Timnas Indonesia ini dengan seragam sebelumnya.

Erspo selaku apparel terbaru yang bekerja sama dengan PSSI terkait jersey Timnas Indonesia pun tidak luput dari luapan kekecewaan para penggemar sepakbola di dunia maya.

Meskipun demikian, terdapat satu nama lain yang ikut mencuat di tengah kehebohan terkait jersey Timnas Indonesia tersebut.

Satu nama yang menjadi sorotan banyak netizen, khususnya di media sosial X terkait hiruk pikuk ini adalah Ernanda Putra.

Lantas siapa sebenarnya sosok dari Ernanda Putra dan apa kaitannya dengan kontroversi jersey Timnas Indonesia yang terjadi dalam beberapa waktu belakangan?

Profil Ernanda Putra

Profil Ernanda Putra © Instagram @makersbymakna
info gambar

Ernanda Putra merupakan salah seorang desainer sekaligus fotografer yang ada di Indonesia.

Pria kelahiran Surabaya, 26 Oktober tersebut juga merupakan founder sekaligus CEO dari Makna Group yang berkolaborasi dengan apparel resmi jersey Timnas Indonesia terbaru, yakni Erspo.

Ernanda Putra memang memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidang yang ditekuninya pada saat ini.

Dilihat dari akun LinkedIn pribadinya, Ernanda Putra diketahui merupakan lulusan sarjana desain grafis di Universitas Pelita Harapan pada 2006 lalu.

Empat tahun berselang, dirinya berhasil menjadi Creative Director di FullFill Artplication, sejak 2010 hingga 2013.

Setelah dirinya menjadi Creative Director di FullFill Artplication, pada tahun yang sama dirinya mendirikan Makna Group yang dikelolanya hingga saat ini.

Ernanda Putra juga menjadi CEO dari usaha yang sudah memasuki usianya yang ke-10 tahun tersebut.

Sekedar informasi, Makna Group merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa kreatif, seperti branding, concept, social media activation, dan sejenisnya.

Sejumlah lini bisnis yang termasuk dalam grup usaha ini di antaranya Makna Creative, Makna Coffee, dan Makna Talks.

Selain bergerak di bidang industri kreatif, Ernanda Putra diketahui juga pernah mengajar di kampus almamaternya.

Dirinya pernah menjadi dosen di Universitas Pelita Harapan selama tujuh tahun, mulai dari 2015 hingga 2022 lalu.

Kontroversi Terkait Jersey Timnas Indonesia

Kontroversi Ernanda Putra terkait jersey Timnas Indonesia bermula ketika banyaknya ungkapan kekecewaan para penggemar sepakbola terkait desain terbaru seragam tim nasional tersebut.

Ernanda dan Makna Group selaku pihak yang bekerja sama dengan Erspo terkait desain jersey Timnas Indonesia pun turut memberikan komentar terkait polemik yang terjadi.

Meskipun demikian, tanggapan yang diberikan Ernanda lewat akun media sosialnya mendapatkan respon negatif dari netizen.

Banyak netizen yang beranggapan bahwa jawaban yang diberikan oleh Ernanda cenderung melawan balik argumen yang disampaikan oleh para penggemar sepakbola terkait desain terbaru jersey Timnas Indonesia.

Hal inilah yang memunculkan stigma anti kritik dan arogan yang disematkan oleh para netizen kepada dirinya.

Puncak kontroversi Ernanda terkait jersey Timnas Indonesia, setidaknya hingga saat ini, terjadi ketika dirinya mulai berseteru dengan salah satu pundit sekaligus mantan pelatih Tim Nasional Futsal Indonesia, yakni Justinus Lhaksana.

Konflik antara kedua sosok ini pada awalnya terjadi ketika Coach Justin, sapaan Justinus Lhaksana, memberikan ulasannya terkait jersey terbaru timnas di YouTube Registaco.

Di dalam konten tersebut, Coach Justin memberikan kritik terhadap jersey terbaru Timnas Indonesia, mulai dari bahan hingga desainnya.

Berdasarkan ulasan yang diberikan inilah Ernanda mulai membalas kritik yang diberikan Coach Justin di media sosial X pribadinya.

Akan tetapi, Coach Justin beranggapan bahwa balasan yang diberikan oleh Ernanda bersifat menyerang pribadinya, padahal dia hanya memberikan kritik terhadap produk yang diciptakannya.

Terlebih, beberapa pengamat sepakbola lain dan netizen juga ikut memberikan pendapatnya terkait perseteruan yang terjadi.

Meskipun demikian, dalam postingan terbaru Coach Justin di akun X pribadinya pada 31 Maret 2024, terlihat bahwa Ernanda sudah menyampaikan permintaan maaf via pesan pribadi kepada dirinya.

Perimintaan maaf Ernanda Putra via pesan pribadi ke Coach Justin © Tangkap layar X @CoachJustinL
info gambar

Hingga artikel ini dituliskan, perbincangan tentang jersey terbaru Timnas Indonesia ini masih hangat diperbincangkan oleh para netizen di media sosia.

Meskipun demikian, Erspo dan Makna Group selaku pihak yang terlibat langsung dalam pembuatan jersey timnas tersebut sudah mengeluarkan pernyataan resmi terkait polemik yang tengah terjadi.

Sumber:
- https://www.linkedin.com/in/ernandaputra/?originalSubdomain=id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IA
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini