Bagaimana Kesipan Industri Parekraf Menghadapi Musim Lebaran?

Bagaimana Kesipan Industri Parekraf Menghadapi Musim Lebaran?
info gambar utama

Untuk memastikan kesiapan industri pariwisata dan ekonomi kreatif dalam menghadapi musim libur lebaran 2024, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) telah erkolaborasi dengan semua pihak terkait (stakeholder) dalam mendorong agar sektor ini dapat lebih memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian.

Dari sisi akomodasi, tingkat hunian hotel diperkirakan akan meningkat hingga 10 persen selama liburan Lebaran tahun ini, dengan puncaknya terjadi pada H+2 Lebaran. Online travel agent juga telah menyediakan informasi dan memberikan kemudahan serta fleksibilitas bagi masyarakat dalam memesan kamar hotel.

"Lebaran adalah momen yang menggembirakan bagi industri pariwisata. Bersama seluruh stakeholder terkait, kami berupaya menyiapkan ekosistem industri pariwisata dan ekonomi kreatif mulai dari akomodasi, maskapai, dan atraksi," ujar Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf Rizki Handayani dalam "The Weekly Brief With Sandi Uno Extended" di Jakarta, Senin (1/4/2024) sebagaimana dikutip dari keterangan resmi.

Secara keseluruhan, maskapai telah menyiapkan 6,72 juta kursi selama 16 hari masa Lebaran. Ini setara dengan 420 ribu kursi per hari yang beroperasi di seluruh Indonesia. Total pesawat yang tersedia mencapai 420 unit, termasuk maskapai seperti Citilink, AirAsia, dan SCOOT yang telah mengajukan tambahan rute penerbangan internasional.

"Mudah-mudahan nanti bisa kita dorong untuk penghitungan carbon footprint calculator," ujar Rizki.

Libur Lebaran Dongkrak Perputaran Ekonomi hingga Rp276 Triliun, Ini Alasannya

Kenyamanan diutamakan, ekonomi berkembang

Kemenparekraf juga telah mengimbau kepada pengelola atraksi wisata untuk terus menerapkan prinsip CHSE (cleanliness, health, safety, environmental sustainability) guna memastikan keamanan dan kenyamanan bagi para wisatawan.

"Juga dengan memastikan penambahan sarana dan prasarana di destinasi seperti menyiapkan kantong-kantong parkir dan penambahan petugas pelayanan pengunjung," kata Rizki.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan bahwa potensi pergerakan masyarakat ini akan turut mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kita berharap perjalanan mudik tahun ini dapat berjalan aman, tenang, dan nyaman. Momentum Ramadan ini juga menjadi berkah kita bersama untuk bisa memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkelanjutan," ujar Menparekraf Sandiaga.

Bagaimana Kesiapan Infrastruktur Mudik Jelang Lebaran?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini