Khasiat Hewan Undur Undur Untuk Obat Diabetes

Khasiat Hewan Undur Undur Untuk Obat Diabetes
info gambar utama

Sering dianggap sebagai hewan yang tidak punya manfaat dan terkesan biasa-biasa saja membuat ubur-ubur menjadi hewan yang bisa Kawan temukan di sekitar rumah yang berada di wilayah perkampungan atau desa. Hewan ini juga hidup di tanah berpasir dan berjalan mundur. Tapi, tahukah Kawan jika ubur-ubur ternyata dipercaya oleh sebagian masyarakat sebagai obat alternatif.

Apakah benar seperti itu? Yuk simak selengkapnya!

Apa Itu Hewan Undur-Undur?

Undur-undur adalah salah satu serangga familia Myrmeleontidae yang termasuk ke dalam ordo Neuroptera. Hewan ini dikenal dengan ciri khasnya berupa delapan kaki dan kemampuan memproduksi sutera untuk sarang atau menangkap mangsa. Kalau dilihat-lihat dengan seksama, ubur-ubur ini menyerupai capung, loh.

Habitat Undur-Undur

Undur-undur dapat Kawan temukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk hutan, padang rumput, gurun, dan bahkan dalam air. Tetapi, undur-undur sering ditemukan di tempat-tempat yang lembab dan gelap, seperti di bawah batu-batuan, di celah-celah pepohonan, atau di sudut-sudut rumah dan seringnya bisa kita temukan di tanah berpasir.

Kawan bisa menemukan ubur-ubur di sebuah lingkaran kecil atau lubang yang menyerupai corong pada lubang di tanah berpasir yang terlihat di halaman atau pekarangan rumah.

Manfaat Undur Undur Berdasarkan Penelitian atau Jurnal

Berdasarkan penelitian dan jurnal ilmiah, hewan undur-undur telah ditemukan memiliki sejumlah manfaat yang potensial bagi kesehatan manusia, termasuk dalam pengobatan diabetes.

Mengutip Jurnal Ilmiah Kedokteran Wijaya Kusuma September 2020 yang ditulis ulang oleh Merdeka.com yang menyebutkan bahwa undur-undur mengandung zat aktif sulfonylurea yang mempunyai efek anti-hyperglikemik, antioksidan dan antibakteri. Undur-undur juga memiliki senyawa mirip metformin yang mampu menurunkan gula darah.

Ada pun beberapa manfaat lain yang sudah diidentifikasi berdasarkan beberapa sumber, yaitu:

  • Sebagaiu Sumber Insulin Alternatif
    Beberapa spesies hewan undur-undur dapat menghasilkan senyawa yang mirip dengan insulin manusia. Bahkan, ada penelitian yang menunjukkan kalau senyawa ini punya potensi sebagai sumber insulin alternatif untuk pengobatan diabetes.

  • Bisa Menjadi Penurun Kadar Gula Darah
    Ekstrak dari hewan undur-undur ternyata dalam beberapa penelitian telah ditemukan dapat membantu menurunkan kadar gula darah secara alami. Hal ini dapat membantu mengontrol diabetes tipe 2 dan meningkatkan sensitivitas terhadap insulin.

  • Antiinflamasi dan Antioksidan: Senyawa yang terdapat dalam hewan undur-undur juga memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat stres oksidatif yang sering terjadi pada penderita diabetes.

  • Akan tetapi, manfaat ini masih harus diuji lebih lanjut lagi untuk digunakan sebagai obat alternatif. Meskipun di beberapa wilayah yang ada di Indonesia, undur-undur cukup terkenal sebagai obat alternatif untuk diabetes. Hal ini selaras dengan apa yang diungkapkan oleh Guru Besar Farmasi dan Farmasi Klinik Universitas Gadjah Mada Prof. apt. Zullies Ikawati, Ph.D yang dikutip dari Kompas.com (22/01/2024).

    "Sejauh ini yang saya telusuri baru ada penelitian pada hewan mencit (hewan uji). Saya belum pernah menemukan penelitian yang dilakukan pada manusia terkait efek undur-undur untuk diabetes," Ungkapnya.

    Cara Mengkonsumsi Undur-Undur untuk Obat

    Meskipun hewan undur-undur sudah cukup populer di kalangan masyarakat di bebeberapa wilayah di Indonesia serta memiliki potensi untuk digunakan sebagai obat alternatif diabetes, Saya belum menemukan secara spesifik untuk cara mengkonsumsinya pada pengobatan. Bahkan, belum sepenuhnya terstandarisasi di Indonesia.

    Beberapa sumber yang ditemui hanya menyarankan penggunaan ekstrak atau senyawa tertentu yang diambil dari hewan undur-undur, sementara yang lain mungkin mengembangkan formulasi obat yang lebih kompleks. Namun, sebelum mengkonsumsi hewan undur-undur atau produk turunan yang dihasilkannya, lebih baik mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli kesehatan yang kompeten ya Kawan!

    Semoga ada penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan manfaat potentisial dari iundur-undur untuk membantu pengobatan alternatif diabetes yang aman dan sudah terstandarisasi agar lebih memiliki khasiat.

    Sumber artikel:
    https://www.merdeka.com/jabar/manfaat-undur-undur-sebagai-pengobatan-alternatif-begini-cara-mengonsumsinya-95655-mvk.html?
    https://www.kompas.com/tren/read/2024/01/27/063000165/penjelasan-ahli-soal-undur-undur-untuk-obat-diabetes-alami?page=all
    https://health.detik.com/ulasan-khas/d-2336452/undur-undur-ampuh-obati-diabetes-benarkah

    Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

    Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nasuha Ali lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nasuha Ali.

    NA
    MS
    Tim Editor arrow

    Terima kasih telah membaca sampai di sini