Simak Jadwal dan Syarat Sipencatar Kementerian Perhubungan 2024

Simak Jadwal dan Syarat Sipencatar Kementerian Perhubungan 2024
info gambar utama

Seleksi Penerimaan Calon Taruna/Taruni Kementerian Perhubungan 2024 (Sipencatar Kemenhub 2024) telah resmi dibuka oleh pemerintah. Sistem ini memudahkan calon taruna dan taruni untuk mendaftar di berbagai sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan.

Sebagai infromasi, sekolah kedinasan adalah lembaga pendidikan tinggi yang didirikan oleh pemerintah atau lembaga negara untuk melatih calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau pejabat tingkat tertentu. Sekolah kedinasan adalah lembaga pendidikan tinggi tempat calon PNS menjalani pendidikan dan pelatihan khusus sesuai dengan bidang atau jabatan yang mereka inginkan atau tuju.

Para siswa di sekolah kedinasan Kemenhub akan menerima pendidikan yang terkait dengan fungsi Kementerian Perhubungan. Materi pendidikan mencakup berbagai aspek seperti manajemen transportasi, keselamatan penerbangan, regulasi transportasi laut, teknologi transportasi, manajemen logistik, dan bidang lainnya.

Bagi yang berminat untuk mengikuti pendidikan di sekolah kedinasan Kementerian Perhubungan tahun 2024, berikut adalah informasi terkait jadwal dan persyaratan pendaftaran.

Jadwal Sipencatar Kemenhub 2024

Sebelum calon pendaftar mengajukan pendaftaran, disarankan untuk memperhatikan jadwal sekolah kedinasan, meskipun jadwal tersebut dapat mengalami perubahan sesuai keputusan panitia seleksi. Dilansir situs resmi Sipencatar Departemen Perhubungan Rabu (17/4/2024), berikut rincian waktunya.

April 2024: Pengumuman pendaftaran sekolah kedinasan

April – Mei 2024: Pendaftaran sekolah kedinasan dibuka

Juni – Juli 2024: Pelaksanaan Ujian SKD (Seleksi Kompetensi Dasar)

Juli – Agustus 2024: Pelaksanaan seleksi lanjutan

Syarat Administrasi Sipencatar Kemenhub 2024

Berdasarkan informasi dari laman Sipencatar Kemenhub RI, calon taruna Kementerian Perhubungan 2024 harus memenuhi sejumlah syarat administrasi lengkap sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Berikut rincian detail mengenai syarat administrasi untuk sekolah kedinasan Kementerian Perhubungan tahun 2024:

1. Pas foto terbaru berwarna latar belakang merah, menghadap kedepan ukuran 4 x 6 cm (ukuran minimal 120 kb maksimal 500 kb dengan format .jpg)

2. KTP bagi peserta yang berusia di atas 17 tahun atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP atau menggunakan Surat Keterangan Kependudukan/resi permintaan pembuatan KTP dengan format .jpg ukuran maksimal 500 kb

3. Ijazah SMA/SMK/MA dan sederajat bagi calon peserta yang sudah dinyatakan lulus atau rapor SMA/SMK/MA dan sederajat (2 SEMESTER) bagi calon peserta yang belum dinyatakan lulus atau masih duduk di kelas 12 (dua belas). Surat penyetaraan / persamaan ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi lulusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing dengan format PDF ukuran maksimal 1000 kb

4. Tanda bukti pembayaran formulir pendaftaran sesuai dengan perguruan tinggi yang dipilih dengan menyertakan nama dan NIK yang tercetak pada bukti pembayaran (ukuran maksimal 500 kB dengan format .jpg)

5. Persyaratan lainnya yang diunggah dalam 1 (satu) berkas dengan format PDF ukuran maksimal 2MB yang terdiri atas:

Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan Kemenhub 2024

1. Akses Portal: Pelamar mengakses portal SSCASN Sekolah Kedinasan di https://dikdin.bkn.go.id

2. Buat Akun: Buat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan NIK yang tervalidasi oleh Dukcapil, kemudian cetak Kartu Informasi Akun

3. Login: Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan

4. Pilih Sekolah Kedinasan: Unggah swafoto dan pilih sekolah Kedinasan

5. Pembayaran: Pelamaryang lulus akan mendapatkan kode billing, cek informasi pembayaran di masing-masing Sekolah Kedinasan. Lakukan pembayran formulir pendaftaran, tata cara pendaftaran dapat dilihat di https://sipencatar.dephub.go.id/pengumuman , lalu simpan bukti pembayaran.

6. Pendaftaran: Lengkapi nilai, unggah berkas dan bukti pembayaran formulir pendaftaran, kemudian cek resume.

7. Verifikasi: Verifikator instansi memverifikasi data dan berkas pelamar

8. Cek Status Kelulusan: Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan dan cek status kelulusan administrasi

9. Pembayaran: Pelamar mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan masing-masing instansi.

10. Cetak Kartu Ujian: Cetak kartu ujian di SSCASN Sekolah Kedinasan jika pembayaran telah dikonfirmasi oleh sistem

11. Ujian Seleksi: Pelamar yang lulus akan mendapatkan kode billing, cek informasi pembayaran di masing-masing Sekolah Kedinasan

12. Pengumuman Hasil Seleksi: Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan di SSCASN.

Sumber:
https://sipencatar.dephub.go.id/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AI
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini