Mengenal Apa Itu 10th World Water Forum 2024 atau Forum Air Dunia ke-10 di Bali

Mengenal Apa Itu 10th World Water Forum 2024 atau Forum Air Dunia ke-10 di Bali
info gambar utama

World Water Forum atau Forum Air Dunia merupakan sebuah acara berskala internasional yang sudah rutin diselenggarakan setiap tiga tahun sekali dan diinisiasi oleh organisasi yang bernama World Water Council (WWC). Indonesia juga menjadi bagian dari organisasi dunia yang bermarkas di Marseille, Perancis.

Di tahun 2024 ini Indonesia menjadi tuan rumah untuk acara 10th World Water Forum (WWF10) atau Forum Air Dunia ke-10. Forum berskala internasional ini punya banyak rangkaian acara dan puncaknya akan diselenggarakan pada 18-25 Mei 2024 di Bali.

Acara ini nantinya akan dihadiri oleh para kepala negara di berbagai belahan dunia, para pemangku kebijakan, pemerintah daerah, para ahli, para pengusaha, organisasi dan juga masyarakat sipil di seluruh dunia yang peduli dengan kelestarian air di dunia.

Mengenal Apa Itu World Water Forum

Mengutip dari website resminya, World Water Forum atau Forum Air Dunia adalah pertemuan internasional terbesar di sektor air yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan, yang diselenggarakan bersama oleh Dewan Air Dunia (World Water Council) dan kota tuan rumah.

Forum ini diadakan setiap tiga tahun sekali dan telah berlangsung sejak tahun 1997. Forum Air Dunia bukan sekedar konferensi. Ada beberapa fase yang saling berkesinambungan yang terdiri dari tahap persiapan selama tiga tahun (fase persiapan), acara selama satu minggu (fase acara), dan tahap persiapan. Setelah itu dilanjutkan dengan presentasi hasil (fase sintesis) dengan dukungan berkelanjutan untuk tindakan kolektif.

Forum ini mempertemukan peserta dari semua tingkatan dan bidang, termasuk politik, lembaga multilateral, akademisi, masyarakat sipil, dan sektor swasta. Selama bertahun-tahun, jumlah orang yang berpartisipasi dalam Forum telah meningkat dari yang awalnya hanya ratusan partisipan, kini menjadi puluhan ribu, baik dari komunitas internasional maupun negara tuan rumah.

Bukan yang Pertama Kali

Acara yang berlangsung di Bali ini bukanlah yang pertama kali diselenggarakan. World Water Forum tahun 2024 ini merupakan yang kesepuluh kalinya. Pertama kali diselenggarakan di Maroko pada tahun 1997 dan terakhir diselenggarakan pada tahun 2022 di Dakar, Senegal.

Indonesia Jadi Tuan Rumah 10th World Water Forum 2024

Dalam sambutan di website resmi WWF 10, Presiden Indonesia, Ir. Joko Widodo menyatakan bangga Indonesia menjadi tuan rumah World Water Forum ke-10 di Bali pada tahun 2024 bersama World Water Council (WWC).

Dalam sambutan ini Presiden juga menekankan beberapa agenda penting seperti upaya konservasi air; ketersediaan air bersih dan sanitasi; ketahanan pangan dan energi; serta mitigasi bencana alam seperti banjir dan kekeringan harus diprioritaskan.

Hal itu tidak lain dan tidak bukan adalah agar air dapat dikelola dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan umum.

Program di 10th World Water Forum

Pada acara ini terdapat beberapa program yang diantaranya :

High Level Panels

Program ini merupakan panel tingkat tinggi yang akan dibawakan oleh beberapa panelis internasional. Adapun materi panelnya antara lain :

  • Proposing the Establishment of the Global Water Fund
  • Climate-Water-Energy-Food-Ecology System of Systems
  • Global water governance: What's next?
  • Reimagining the Role of Finance in Collective Action
  • Navigating the Source-to-Sea Journey: Advancing Prosperity Across the Entire Water Cycle
  • Hydro-diplomacy and peace
  • The role of the private sector in meeting the goals of SDG6 Status of Early Warnings for All (EW4All) initiative
  • 'Towards a Global One-Health Approach in Public and Environmental Monitoring'
  • Worldwide Observatory for Non-Conventional Water Resources & Renewable Energy
  • Nature for Water: the business case for nature to deliver value for water security
  • Integrated Water Resources Management (IWRM) on Small Island States (SIS) and
  • Subnational Island Jurisdictions, Small Islands in Archipelagic States and Deltas Countries
  • "Urgent call to save our Lakes": Promoting Global Agenda and Collaborative Efforts for Sustainable Lake Management and Raising the World Lake Day
  • Blended Finance for Global Sustainable Water
  • Global South Cooperation Based on Bandung Spirit to Accelerate Actions to Achieve SDGs
  • Water for Shared Prosperity: Quiescent or Jump Through Hoops?
  • High-Level Panel of the OECD Roundtable on Financing Water: Water and Environmental Justice
  • Moving the Water Action Agenda forward together
  • Paddies for the Planet and People
  • Water information systems.

Side Event

Program ini bertujuan untuk memperluas diskusi mengenai prioritas terkait air, dengan fokus pada topik yang diusulkan oleh calon penyelenggara untuk dipresentasikan selama Forum berlangsung.

Acara ini akan diadakan di Nusa Dua Convention Center di Bali mulai tanggal 18-25 Mei 2024, pada slot waktu yang akan ditentukan oleh tuan rumah.

Bali Youth Plan

Program ini membahas tujuan, pencapaian, dan kegiatan yang diharapkan generasi muda mau menjadi bagian dari Forum Air Dunia ke-10.

Pemuda dianggap sebagai pemangku kepentingan yang setara dan akan berpartisipasi dalam Forum tematik, regional, dan politik sebagai pemangku kepentingan yang aktif.

Kaum muda juga akan diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan dengan memberi mereka tiket yang disponsori penuh oleh Forum Air Dunia ke-10 pada Mei 2024.

Penghargaan Great Water World Raja Hasan II

Penghargaan ini kenang-kenangan dari mendiang Yang Mulia Raja Hassan II.

Nantinya penghargaan ini akan diberikan kepada individu atau sekelompok orang atau badan hukum, baik pemerintah maupun swasta, dan dimaksudkan sebagai imbalan atas aksinya dalam mendukung perlindungan dan pelestarian sumber daya air, peningkatan pengelolaan air, penggunaan kembali air limbah, serta peningkatan kesadaran di kalangan masyarakat tentang masalah air.

Hadiah ini diberikan setiap tiga tahun selama Forum Air Dunia, pada upacara khusus yang diselenggarakan dalam rangka sesi pleno pembukaan.

Selama Upacara Penghargaan, piala dan sertifikat diberikan kepada pemenang. Mereka akan mendapatkan pengakuan dunia dan eksposur internasional, bersama dengan cek senilai 500.000 USD.

Compendium Of Concrete Deliverables And Actions

Program ini merupakan diskusi untuk mencari solusi inovatif terhadap tantangan terkait air, terutama melalui fokus pada enam subtema Forum, yaitu: Ketahanan dan Kemakmuran Air; Air untuk Manusia dan Alam; Pengurangan dan Pengelolaan Risiko Bencana; Tata Kelola, Kerjasama dan Hidro-diplomasi; Pembiayaan Air Berkelanjutan; dan Pengetahuan dan Inovasi.

Forum diskusi ini akan dipimpin oleh Indonesia selaku tuan rumah acara 10th World Water Forum.

Kompetisi foto

Program terakhir adalah kompetisi fotografi tingkat internasional. Kompetisi ini berlangsung dari tanggal 29 Februari hingga 21 April 2024 dan pengumumannya akan dilakukan pada 7 Mei 2024.

Itulah sekilas tentang acara 10th World Water Forum atau Forum Air Dunia ke-10 yang akan dilaksanakan di Bali. Untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi website resminya di https://worldwaterforum.org/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Sholeh lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Sholeh.

Terima kasih telah membaca sampai di sini