RI Bakal Usulkan Dana Air Global dalam World Water Forum ke-10 di Bali

RI Bakal Usulkan Dana Air Global dalam World Water Forum ke-10 di Bali
info gambar utama

Pemerintah Indonesia bakal mengusulkan pembentukan dana air global atau Global Water Fund dalam World Water Forum (WWF) ke-10 di Nusa Dua, Bali, pada 18—25 Mei 2024 mendatang. Usulan ini akan dibahas dalam tiga proses utama forum: politik, regional, dan tematik.

Menurut Herry Trisaputra Zuna, Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur dan Perumahan Rakyat sekaligus Koordinator Subtema Pembiayaan Air Minum Berkelanjutan WWF ke-10, pembentukan Global Water Fund sangat penting untuk menyediakan pendanaan jangka panjang bagi inisiatif air bersih dan sanitasi. Dia berharap, pembentukan Global Water Fund dapat mengatasi kesenjangan pendanaan dan mempercepat pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) nomor 6 tentang air bersih dan sanitasi pada 2030.

"Saat ini, ada 2,2 miliar orang di dunia yang masih kekurangan akses ke air yang dikelola dengan aman. Global Water Fund yang diproyeksikan mencakup infrastruktur air, mitigasi bencana terkait air, adaptasi perubahan iklim, dan mekanisme pemantauan terkait, menawarkan dukungan keuangan yang langgeng untuk menanggapi tantangan ini," jelas Herry dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (30/4/2024).

RI Bakal Usulkan Penetapan Hari Danau Sedunia di World Water Forum ke-10

Kemudian, Direktur Pusat Pendanaan Iklim dan Kebijakan Multilateral Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan RI Boby Wahyu Hernawan menyatakan, terkait upaya merancang arsitektur pembiayaan air dalam kerangka Global Water Fund, penting untuk meninjau kembali lesson learnt dari Pandemic Fund dan Green Climate Fund.

Dia mengungkapkan, pemerintah Indonesia telah membentuk Indonesia Water Fund (IWF) untuk memajukan investasi dan penyediaan air bersih di seluruh Indonesia.

"IWF diharapkan dapat mengoperasikan pendanaan hingga 1 miliar dolar AS untuk proyek air bersih," ucap Boby.

TNI Kerahkan 12.000 Personel Gabungan untuk Amankan World Water Forum ke-10 di Bali

Lalu, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR RI dan Kepala Sekretariat Panitia Penyelenggara Nasional WWF ke-10 Muhammad Zainal Fatah menyebutkan, catatan atau proposal konsep tentang Global Water Fund akan dibawa dan diuraikan lebih lanjut dalam WWF ke-10.

Di samping itu, pemerintah Indonesia akan membawa empat misi penting ke WWF ke-10 di Bali. Pertama, kehadiran jaringan terpusat di kawasan Asia-Pasifik untuk menangani masalah keamanan air, perubahan iklim, dan penelitian lingkungan. Kedua, pembentukan jaringan lembaga, akademisi, organisasi penelitian, dan badan internasional lainnya.

Ketiga, pembentukan konsorsium yang berfokus pada pusat data. Keempat, koordinasi dan implementasi upaya multipihak untuk mengembangkan pernyataan atau inisiatif tentang masalah air global. Bukan itu saja, pemerintah juga siap menggalakkan penetapan Hari Danau Sedunia dalam WWF ke-10 untuk menjaga kelestarian sumber daya air.

Mengenal Danau Batur, Lokasi Field Trip World Water Forum 2024

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini