World Water Forum 2024, Indonesia Siapkan Beragam Side Event World Water Forum ke-10

World Water Forum 2024, Indonesia Siapkan Beragam Side Event World Water Forum ke-10
info gambar utama

Indonesia telah mempersiapkan berbagai acara pendukung dalam penyelenggaraan World Water Forum ke-10, forum air terbesar dunia yang pertama kali diselenggarakan di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Sekretariat Panitia Nasional World Water Forum ke-10, Endra S. Atmawidjaja, yang juga menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan, menyatakan pada Selasa (7/5/2024) di Jakarta.

Penyelenggaraan forum ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan dan telah dipersiapkan dengan cermat, baik dalam hal forum utama maupun acara-acara di luar forum. Misalnya pameran dan pertunjukan seni budaya.

"Menjadi tuan rumah penyelenggaraan World Water Forum ke-10 adalah sebuah kebanggaan bagi Indonesia. Kami berharap peserta tidak hanya mengikuti forum utama, tetapi juga dapat merasakan keunikan budaya Bali," ujar Endra yang dilansir dari siaran pers Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Indonesia telah menyiapkan 280 sesi dalam World Water Forum ke-10, termasuk 55 side event dan 10 sesi khusus. Acara akan dimulai dengan upacara penyucian air Bali yang merupakan bagian dari ritual adat khas Bali dengan konsep Rahina Tumpek Uye dan Upacara Segara Kerthi.

Kawasan The Nusa Dua Bali Siap Menerima Kepala Negara dan Delegasi World Water Forum ke-10

Sementara itu, Ketua Bidang V Fair and Expo World Water Forum ke-10, yang juga menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, menyatakan bahwa dukungan utama dari Kemenparekraf adalah memfasilitasi delegasi untuk mengalami prosesi Melukat.

Adapun Melukat sendiri adalah prosesi budaya yang memiliki makna spiritual bagi masyarakat Bali. Prosesi tersebut akan melibatkan pemerintah daerah setempat.

Kemenparekraf juga akan berpartisipasi dalam Paviliun Indonesia dengan menyediakan konten pariwisata menggunakan teknologi realitas virtual (VR), penawaran paket wisata berkelanjutan, pameran, penyediaan sovenir Wonderful Indonesia, serta mempersembahkan konten dan aktivasi gim "Lokapala". Mereka juga memajang serta menjual produk UMKM berkualitas melalui planogram.

Pembukaan pameran akan dilakukan pada 20 Mei 2024 di Nusa Dua Hall BNDCC. Lokasinya tersebar di area BNDCC, Baruna Disaster Shelter di Kuta, dan Bali Collection di Nusa Dua.

Setelah berakhirnya World Water Forum ke-10, peserta juga akan diajak untuk mengikuti perjalanan wisata ke berbagai tempat menarik di Bali, seperti Museum Air di Tabanan, Situs Warisan Dunia UNESCO Jatiluwih, Danau Batur Kintamani, dan Desa Budaya Ubud.

Balinese Water Purification Ceremony Buka Rangkaian Acara World Water Forum 2024 di Bali

Sumber:

  • https://kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-world-water-forum-2024-indonesia-siapkan-beragam-side-event-world-water-forum-ke-10

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini