Fasilitas Media Center World Water Forum 2024 Wujud Kominfo Dukung Liputan Jurnalis

Fasilitas Media Center World Water Forum 2024 Wujud Kominfo Dukung Liputan Jurnalis
info gambar utama

Berbagai fasilitas Media Center telah disiapkan oleh Kominfo guna mendukung jurnalis melakukan liputan acara World Water Forum 2024.

World Water Forum 2024 merupakan salah satu agenda global Indonesia yang akan membahas mengenai isu pengelolaan air. Sehingga untuk mendukung acara ini, kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyiapkan Media Center bagi jurnalis yang meliput acara.

Media center ini akan menampung jurnalis nasional maupun internasional. Namun, ruang ini hanya terbuka pada jurnalis yang telah melakukan registrasi pada 3 bulan sebelum pelaksanaan acara World Water Forum, dan telah mendapatkan undangan dan akreditasi. “Jadi teman-teman (media) nanti harus registrasi. Begitu dapat undangan, kemudian dapat akreditasi” ujar Usman Kansong, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, yang dikutip dari rri.co.id.

Kolaborasi dari berbagai pihak menjadi salah satu keberhasilan pengadaan media center. Beragam fasilitas Media Center pun akan disiapkan untuk memudahkan kerja jurnalis dalam menyebarkan informasi mengenai forum air dunia ini.

Kesiapan Media Center dalam Agenda World Water Forum 2024

Peran Media Center ini menjadi krusial, karena akan menjadi salah satu ruang untuk berkomunikasi dan penyebaran pesan. Saat ini, kesiapan infrastruktur akan menjadi kunci dari kelancaraan pemberitaan media mengenai event World Water Forum 2024.

Media center World Water Forum ke-10 akan berlokasi di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Provinsi Bali. Konektivitas internetpun menjadi salah satu infrastruktur yang perlu diperhatikan dalam penyediaan Media Center. Sehingga penyediaan infrastruktur telekomunikasi di Bali untuk jurnalis maupun peserta dan delegasi WWF 10 akan ditangani langsung dan bukan menjadi masalah bagi BNDCC, karena telah berpengalaman dalam menangani event-event Internasional.

Baca juga: Presiden Jokowi Hadiri Acara World Water Forum dan International Mangrove Research Center

Fasilitas Media Center untuk Jurnalis dalam WWF 10

  • WiFi dan Internet Cepat

Akses internet cepat dan WiFi akan disediakan oleh penyelenggara layanan telekomunikasi seluler nasional. Provider internet dalam World Water Forum nanti adalah operator yang telah dikonsolidasikan oleh Kominfo. Internet ini akan memudahkan media untuk pengiriman berita ke kantor masing-masing, baik dalam negeri maupun di luar negeri, sehingga internet yang disiapkanpun yang berkecepatan tinggi.

  • Working Space

Working space menjadi salah satu aspek penting yang disiapkan Pemerintah. Ruang kerja yang nyaman akan memungkinkan jurnalis bekerja dalam situasi kondusif dan produktif. Selain itu, tersedianya area ini akan memberikan kesempatan kepada jurnalis untuk beristirahat sejenak di tengah peliputan.

Ruangan ini akan menyediakan layanan internet dengan kecepatan 100Mbps, PC atau laptop sebanyak 20 unit, meja serta kabel LAN sebanyak 40 unit dengan bandwidth 1Gbps.

  • Shuttle Bus

Shuttle bus akan tersedia bagi jurnalis yang akomodasinya berada di luar pertemuan untuk dapat menjangkau Media Center dan aktivitas lainnya. layanan ini akan tersedia pada 15—18 Mei, dengan rute bandara I Gusti Ngurah Rai ke Hotel Santika Siligita, kemudian ke BNDCC dan sebaliknya. Selain itu, terdapat bus dengan rute Hotel Courtyard, ke Santika Siligita, BNDCC, dan sebaliknya. Bus akan beroperasi pada pukul 08.00—22.00 WITA, setiap 20 menit sekali.

Baca juga: Media Center World Water Forum ke-10 di Bali Didukung Shuttle Bus untuk Jurnalis Peliput
  • Booth Media dan Press Conference

Booth media yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung akan memenuhi kebutuhan peliputan secara maksimal. Selain itu, Ruang konferensi pers akan menyediakan infrastruktur yang baik dan dilengkapi dengan audiovisual yang canggih guna mendukung presentasi dan konferensi pers.

  • Briefing Media Room

Ruangan ini diberikan untuk kebutuhan briefing atau pengarahan media, yang berfungsi sebagai ruangan pertemuan guna meningkatkan komunikasi dan berbagi informasi bagi jurnalis.

  • Fasilitas Pendukung

Fasilitas pendukung, seperti host media yang terdiri atas fotografer dan videografer akan memenuhi kebutuhan gambar dan broadcast yang akan diakses secara gratis. Selain itu, bahan informasi pendukung seperti foto, infografis, short video, dan buletin juga menjadi fasilitas tambahan untuk jurnalis.

Dengan berbagai fasilitas yang disediakan, Media Center World Water Forum 2024 diharapkan mampu memjadi pusat aktivitas yang efektif dan efisien, guna mendukung kelancaran peliputan dan penyebaran informasi terkait forum ini.

Baca juga: Makna Samudra Cipta Peradaban dalam Bali Street Carnival Penutup World Water Forum 2024

Referensi:

  • https://www.rri.co.id/iptek/608165/kominfo-siapkan-media-center-untuk-ribuan-jurnalis-wwf
  • https://www.kominfo.go.id/content/detail/49998/siaran-pers-no-129hmkominfo072023-tentang-dukung-10th-wwf-2024-kominfo-siapkan-media-center-dan-akses-internet-cepat/0/siaran_pers
  • https://posminang.com/mengapresiasi-kesiapan-media-center-sambut-wwf-ke-10-di-bali/
  • https://penasultra.id/kemkominfo-siapkan-media-center-bagi-jurnalis-di-wwf-ke-10/2/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

WO
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini