Menko Luhut Sambut Kedatangan Elon Musk di Bali, Siap Luncurkan Starlink

Menko Luhut Sambut Kedatangan Elon Musk di Bali, Siap Luncurkan Starlink
info gambar utama

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menjemput CEO SpaceX dan Tesla Inc. Elon Musk di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Minggu (19/5/2024). Elon Musk tiba di Bali untuk menghadiri World Water Forum (WWF) ke-10 dan meluncurkan layanan internet Starlink bersama Presiden RI Joko Widodo.

“Saya berkesempatan menjemput Elon di Bandara pagi ini dan kemudian membicarakan beberapa agenda beliau selama di sini dan tentunya beberapa kerja sama penting,” tutur Luhut dalam keterangan pers yang diterima GNFI.

Pada kedatangan kali ini, Elon akan meresmikan layanan internet Starlink yang mampu menjangkau pelosok Indonesia. “Peluncuran Starlink akan dilakukan Elon bersama Presiden hari ini di salah satu Puskesmas di Denpasar, Bali,” ucap Luhut.

120 Proyek Bernilai Miliaran Dolar Bakal Dihasilkan di World Water Forum ke-10

Layanan internet satelit Starlik dikembangkan oleh SpaceX, perusahaan teknologi milik Elon Musk. Starlink menggunakan konstelasi satelit rendah bumi atau low earth orbit (LEO) untuk menyediakan akses internet berkecepatan tinggi ke berbagai daerah di seluruh dunia, terutama daerah terpencil.

Kehadiran layanan starlink dapat membantu masyarakat Indonesia di pelosok untuk mendapatkan akses layanan internet. Pengguna Starlink hanya memerlukan perangkat penerima kecil yang disebut “dish” untuk dapat terhubung ke jaringan satelit dengan koneksi internet yang cepat dan andal.

Kerja sama ini terlaksana sebagai upaya pemerataan di seluruh provinsi Indonesia yang akan terintegrasi dengan pelayanan kesehatan dan pendidikan. Kedua layanan ini diharapkan Luhut dapat terus meningkat. Melalui peluncuran Starlink, masyarakat di daerah terpencil bisa menikmati akses informasi dan jaringan internet yang cepat sama seperti penduduk di kota besar.

Tari Topeng Sidakarya, Tarian Khas Bali yang Memeriahkan World Water Forum ke-10

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini