Menteri Basuki Dinobatkan Jadi Duta Kehormatan Asia Water Council

Menteri Basuki Dinobatkan Jadi Duta Kehormatan Asia Water Council
info gambar utama

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimuljono dinobatkan sebagai Duta Kehormatan Asia Water Council (AWC). Penobatan itu diumumkan dalam 20th Board of Council Meeting di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) 1, Minggu (19/5/2024).

“Saya merasa terkejut dan tidak menduga akan terpilih menjadi duta kehormatan AWC,” kata Basuki dalam keterangan resmi yang diterima GNFI.

Gelar Duta Kehormatan diberikan kepada individu yang memiliki pencapaian sosial dan berkontribusi terhadap visi dan misi AWC, terutama meningkatkan kerja sama antara anggota dan mitra-mitra AWC. Kemudian, menerapkan rencana pengembangan jangka menengah hingga jangka panjang serta mengembangkan dan merevitalisasi proyek-proyek air.

120 Proyek Bernilai Miliaran Dolar Bakal Dihasilkan di World Water Forum ke-10

Basuki turut menyampaikan pada kesempatan tersebut bahwa hingga Sabtu (18/5/2024) malam, jumlah pendaftar yang ingin menghadiri 10th World Water Forum (WWF) mencapai 20.121 orang. Sementara itu, total partisipan tembus 46 ribu orang, itu termasuk mereka yang ikut dalam acara WWF.

Menurutnya, keberhasilan Indonesia dalam mencapai kemajuan pembangunan infrastruktur bertujuan untuk menjamin ketersediaan air bersih dan sanitasi bagi seluruh rakyat Indonesia secara berkelanjutan. Upaya ini dilakukan untuk menghadapi urbanisasi, perubahan iklim, dan populasi yang terus meningkat.

Melalui investasi yang strategis dan pendekatan inovatif, Indonesia berhasil memperluas dan meningkatkan akses air bersih bagi banyak komunitas. “Selama 10 tahun terakhir, Indonesia memulai inisiatif yang ambisius untuk memperluas akses terhadap air minum dan meningkatkan fasilitas sanitasi yang aman di seluruh wilayah,” tandas Basuki.

Presiden Jokowi Hadiri Acara World Water Forum dan International Mangrove Research Center

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini