Sense of Believing, Humas Pemasyarakatan Hadir Bak Pahlawan

Sense of Believing, Humas Pemasyarakatan Hadir Bak Pahlawan
info gambar utama

Pemasyarakatan merupakan sebuah lembaga instansi pelayanan publik, yang mana salah satu tugas dari pemasyarakatan yaitu untuk melakukan pembinaan bagi narapidana dan anak didik pemasyarakatan. Pemasyarakatan seringkali mendapat stigma buruk dari masyarakat.

Stigma buruk tersebut muncul karena adanya banyak isu-isu negatif yang beredar, padahal belum terjamin kebenarannya. Mungkin saja isu-isu tersebut muncul, serta beredar karena dunia kerja Pemasyarakatan selalu berhubungan dengan warga binaan yang notabenenya adalah seorang pelanggar hukum.

Singgih (23), seorang petugas pemasyarakatan yang termasuk dalam Tim Humas di Rutan Kelas IIB Boyolali mengutarakan pendapatnya, bahwa setiap instansi pasti mendapatkan stigma negatif dari masyarakat sesuai porsinya masing-masing, tidak terkecuali di Pemasyarakatan.

"Stigma negatif pada suatu instansi itu pasti ada dengan porsinya masing-masing, tak terkecuali dengan divisi pemasyarakatan. Adanya kemunculan akan pemberitaan miring yang bahkan belum jelas kredibilitasnya menjadi santapan yang empuk bagi segelintir orang yang tidak bijak dalam mempengaruhi, dan memberitakan berita tersebut kepada khalayak luas. Namun, seyogyanya suatu instansi juga tidak boleh hanya sekadar diam tanpa adanya respon, tindaklanjut, dan gerakan. Instansi perlu menggunakan caranya sendiri untuk melawan serangan stigma negatif yang nantinya dapat berefek, serta memperburuk citra dari instansi tersebut,” katanya, Senin (4/3/2024).

Proyek Pemasyarakatan Hijau, Mengubah Lapas Menjadi Kebun Produktif

Bagi setiap instansi, citra positif merupakan aspek penting dalam kesuksesan memberikan pelayanan pada masyarakat, termasuk bagi Pemasyarakatan itu sendiri. Selama ini, stigma mengenai penjara yang sudah terkenal mengerikan menjadi tantangan bagi Pemasyarakatan untuk meluruskan karena faktanya penjara adalah rumah bagi para pelanggar hukum yang dibina agar dapat diterima kembali oleh masyarakat.

Baik atau buruknya citra pemasyarakatan dapat mengukur tingkat kepercayaan masyarakat pada instansi ini. Jadi, untuk mewujudkan 'sense of believing' pada diri masyarakat, Pemasyarakatan diharapkan dapat membangun citra positif, khususnya dalam bidang pelayanan kepada masyarakat.

Sense of believing merupakan sebuah kondisi, yang di mana tumbuhnya rasa percaya pada diri masyarakat terhadap kinerja yang dilakukan oleh Pemasyarakatan. Tentunya dalam mewujudkan akan rasa kepercayaan tersebut, diperlukan peran aktif dari seluruh komponen Pemasyarakatan, utamanya adalah peran dari tim humas.

Ya, tentunya peran humas sangatlah penting karena kami yang menjadi kunci dalam penyampaian kinerja Pemasyarakatan kepada masyarakat, serta untuk memberikan pemberitaan yang positif dan meluruskan isu-isu yang tidak benar. Dengan menampilkan berbagai kegiatan positif di dalam lapas maupun di dalam rutan menjadi salah satu langkah tepat yang diambil Pemasyarakatan saat ini,” ungkap Singgih.

Dalam menghadapi stigma negatif masyarakat, humas harus memperhatikan pengolahan berita mengenai peristiwa yang terjadi dengan sebaik mungkin agar dapat diterima oleh masyarakat. Selain itu, pemasyarakatan juga harus bersikap terbuka atas kritik dan saran masyarakat untuk evaluasi sistem pemasyarakatan yang telah berjalan.

Masyarakat yang terbilang masih "awam" dalam memahami fakta tentang penjara tentu hanya akan memandang penjara sebagai hal yang negatif karena penjara merupakan tempat dimana para terpidana menjalani masa hukumannya.

Oleh karena itu, humas pemasyarakatan harus memberikan pemahaman tentang penjara yang faktanya semua kegiatan yang dilakukan di penjara merupakan hal yang positif dan dapat menunjang proses reintegrasi sosial para terpidana.

Motivasi Layanan Publik bagi Pegawai Pemasyarakatan dalam Pemenuhan HAM

Sejauh ini, peran humas dalam menciptakan ‘sense of believing’ dan mengubah stigma buruk masyarakat telah berhasil. Walaupun banyak tantangan yang dihadapi oleh pemasyarakatan, tim humas dapat menyelesaikannya dengan kerja sama tim yang baik dan dukungan dari seluruh pihak tekait.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AM
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini