World Water Forum ke-10 Hasilkan Deklarasi Menteri sebagai Diplomatic Victory Indonesia

World Water Forum ke-10 Hasilkan Deklarasi Menteri sebagai Diplomatic Victory Indonesia
info gambar utama

Delegasi Forum Air se-Dunia atau World Water Forum ke-10 (WWF) di Bali telah mengesahkan Deklarasi Tingkat Menteri sebagai hasil konkret diplomatic victory bagi Indonesia. Deklarasi itu disahkan dalam Pertemuan Tingkat Menteri WWF ke-10 yang dihadiri 106 negara dan 27 Organisasi Internasional.

Pembahasan deklarasi ini sebetulnya sudah berlangsung sejak November 2023 di Markas Besar UNESCO Paris dan didiskusikandalam tiga mekanisme. Indonesia, dalam deklarasi tersebut, mengusung tiga prioritas. Pertama, pengusulan Hari Danau se-Dunia atau World Lake Day.

Danau menjadi sumber pasokan air yang menghidupi manusia, sekaligus memiliki fungsi sosial dan ekonomi masyarakat. Peringatan Hari Danau se-Dunia ini tidak sekadar simbolis, tetapi sebagai salah satu kunci utama untuk menjaga kelestarian danau di seluruh dunia.

Jokowi Pamer RI Punya 42 Bendungan dan PLTS Cirata di World Water Forum ke-10

Kedua, pendirian Center of Excellence untuk ketahanan air dan iklim guna mengembangkan kapasitas, knowledge sharing, dan pemanfaatan fasilitas yang unggul. Sebagai negara kepulauan, Indonesia wajib berada di garda terdepan untuk mendorong inovasi dalam pengelolaan air dan sanitasi.

Ketiga, mengangkat isu pengelolaan sumber daya air secara terpadu di pulau-pulau kecil. “Meski dikelilingi perairan yang luas, Indonesia tetap memerlukan sistem kelola yang baik untuk mengatasi tantangan kualitas dan ketersediaan air bersih,” bunyi keterangan resmi yang diterima GNFI.

Selain Deklarasi Tingkat Menteri, dalam forum ini, Indonesia juga berhasil menyusun daftar proyek terkait air senilai 9,4 miliar dolar AS yang bakal menjadi andalan berbagai negara. Ada 113 proyek yang diusung, antara lain: proyek percepatan penyediaan air minum untuk 3 juta rumah tangga dan proyek pengelolaan air limbah domestik bagi 300 ribu rumah tangga.

Ribuan Pemuda dari Seluruh Dunia Soroti Isu Air di 10th World Water Forum

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini