Fieldtrip Persembahan Pengalaman dan Kenangan Menutup Rangkaian World Water Forum ke-10

Fieldtrip Persembahan Pengalaman dan Kenangan Menutup Rangkaian World Water Forum ke-10
info gambar utama

Indonesia sebagai tuan rumah menyelesaikan rangkaian perhelatan World Water Forum (WWF) ke-10 di Nusa Dua, Bali, dengan akhir yang membahagiakan. Gelaran yang dimulai pada 18 Mei 2024, ditutup secara resmi pada Jumat (24/5/2024).

Seremoni ofisial tersebut menjadi puncak banjir apresiasi yang diterima Indonesia sebagai tuan rumah dari berbagai pihak. Penyelenggaraan Forum Air Dunia di Bali ini menjadi perhelatan terbaik sepanjang sejarah gelaran event ini.

Pada hari terakhir, kegiatan sepenuhnya diisi dengan acara fieldtrip. Agenda side event ini disediakan bagi para delegasi dan peserta, yang berlangsung pada Sabtu (25/5/2024). Inilah persembahan pengalaman dan kenangan dari tuan rumah.

Mengenal Danau Batur, Lokasi Field Trip World Water Forum 2024 Bali

Rute Fieldtrip: Ubud, Tabanan, dan Karangasem

Sesuai dengan perencanaan dalam perhelatan World Water Forum (WWF) ke-10, perjalanan ini dirancang untuk berbagi keindahan alam dan budaya lokal Bali kepada para delegasi dan peserta.

Rombongan fieldtrip dapat menikmati suasana yang sangat berbeda dibandingkan hari-hari sebelumnya, yang padat dengan berbagai sesi diskusi. Perjalanan ini mengambil titik kumpul di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

Terdapat tiga rute perjalanan yang ditawarkan tuan rumah Indonesia kepada para delegasi dan peserta World Water Forum (WWF) ke-10, yakni rute Ubud, rute Tabanan, dan rute Karangasem.

Rute Ubud

Rombongan trip Ubud berkesempatan menikmati suguhan destinasi Monkey Forest, Ubud Culture Village, Danau Batur, dan dermaga Kedisan. Semuanya berlokasi di Kabupaten Bangli.

Di Monkey Forest peserta menikmati cagar alam dan kompleks candi yang terletak di Desa Padangtegal. Di kompleks hutan sekitar 12,5 hektare tersebut peserta dapat menjumpai monyet-monyet yang mendiami hutan tersebut.

Kemudian peserta menuju Danau Batur, berjarak sekitar 30 kilometer dari Ubud. Gunung Batur merupakan gunung aktif dengan panorama yang memesona. Danau ini berada di dalam mangkuk Kaldera Batur, Kintamani.

Desa Jatiluwih, Destinasi Wisata yang akan Dikunjungi oleh Peserta 10th World Water Forum

Rute Tabanan

Pada trip rute Tabanan, para peserta diantar mengunjungi Museum Subak, persawahan terasering Subak Jatiluwih, dan Kebun Raya Bedugul. Semua kunjungan destinasi ini berada di Kabupaten Tabanan.

Di sini peserta mendapat gambaran tentang proses pertanian, bagaimana masyarakat Bali mengatur sistem irigasi atau subak. Termasuk sistem tanam yang seluruhnya berdasarkan penghitungan kalender lokal yang berbeda dengan penanggalan Masehi.

Peserta disuguhi panorama persawahan bertingkat (terasering) Jatiluwih di kaki Gunung Batukaru. Mereka diajak menikmati hamparan tanaman padi yang mendominasi perjalanan rute Tabanan ini.

Rute Karangasem

Para delegasi dan peserta Forum Air Dunia yang mengikuti perjalanan dengan rute Karangasem ini, diajak menjelajah hingga di Jero Tumbuk, dan akan berkeliling di wisata desa.

Di destinasi ini peserta berkesempatan melakukan interaksi langsung dengan masyarakat Bali. Bahkan, mereka diajak melakukan kegiatan bersama masyarakat di sekitar kawasan Jero Tumbuk.

Rombongan peserta juga diajak untuk mendapatkan pengalaman nyata melalui aktivitas seperti menanam padi bersama dan memancing ikan di sana.

Berbagai Objek Wisata untuk Delegasi World Water Forum

Persembahan Pengalaman dan Kenangan tentang Bali

Endra S. Atmawidjaja selaku Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan mengatakan bahwa Indonesia dengan bangga menyuguhkan fieldtrip ini.

Dalam siaran pers yang dirilis Tim Komunikasi dan Media Word Water Forum, Endra menyampaikan perasaan bangga Indonesia dapat mempersembahkan pengalaman dan kenangan sebelum mereka kembali ke negara masing-masing.

Menurut Endra, Indonesia bangga dapat menjadi tuan rumah penyelenggaraan Forum Air Funia ke-10 ini. Para delegasi dan peserta yang hadir, diharapkan tidak hanya mengikuti forum utama, tetapi juga merasakan suasana Bali yang berbeda.

Sumber:
https://media.worldwaterforum.org/id/contents/siaran-pers-660047517afb1/siaran-pers-world-water-forum-ke-10-fieldtrip-ubud-tabanan-dan-karangasem-penutup-rangkaian-world-water-forum-ke-10-6651a055588fc

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AK
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini