Wahai Timnas Indonesia, Siap Hajar Vietnam Lagi Akhir Tahun Ini?

Wahai Timnas Indonesia, Siap Hajar Vietnam Lagi Akhir Tahun Ini?
info gambar utama

Timnas Indonesia dipastikan bakal bertemu Vietnam lagi. Ada kesempatan untuk kembali menghajar sang tetangga.

Indonesia dan Vietnam bakal bertemu di ASEAN Cup 2024. Di turnamen yang dulu bernama Piala AFF itu, keduanya bakal bersaing di babak penyisihan grup.

Indonesia dan Vietnam sama-sama berada di Grup B. Itu sebagaimana hasil undian yang diselenggarakan di Hanoi, Vietnam, pada 21 Mei lalu.

Hasil undian menempatkan Indonesia dan Vietnam sebagai penghuni Grup B bersama dengan Filipina, Myanmar, dan Laos. Sementara itu di Grup A, tim yang menempatinya adalah Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja, serta satu tim yang nantinya menang kualifikasi.

Hasil undian itu seakan menunjukkan jika Indonesia tak bisa jauh-jauh dari Vietnan. Maklum, sepanjang 2024 ini saja Indonesia dan Vietnam sudah berduel tiga kali, satu laga tersaji di Piala Asia 2023, lalu dua lainnya adalah laga pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2024.

Dalam tiga pertandingan yang dilakoni, Indonesia selalu berhasil mengalahkan Vietnam. Tercatat, Indonesia menang dengan skor 1-0, 1-0, dan 3-0 secara beruntun.

Dengan demikian, Indonesia berpeluang untuk menghajar Vietnam untuk yang keempat kalinya tahun ini. Laga penyisihan grup antara Indonesia melawan Vietnam bakal diselenggarakan di Stadion Mỹ Đình, Hanoi pada 30 November 2024, sementara ASEAN Cup 2024 sendiri dijadwalkan digelar pada 23 November hingga 21 Desember 2024.

Majukan Sport Tourism, Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Barongsai 2024

Beda Kondisi

Di atas kertas, bisa dibilang Indonesia lebih diunggulkan. Sebab, Indonesia sedang dalam tren positif dengan permainan dan kualitas tim yang semakin berkembang di bawah kepelatihan Shin Tae-yong dengan skuad yang banyak diisi pemain keturunan.

Terbukti, Indonesia kini mampu terus mendongkrak posisinya di peringkat FIFA. Dari segi prestasi, pencapaian di Piala Asia dan Piala Asia U-23 juga jadi hasil positif milik tim Garuda.

Sebaliknya, Vietnam terjerumus ke dalam kondisi tidak stabil sepeninggal pelatih Park Hang-seo. Padahal, sebelumnya Vietnam lebih sering unggul jika berhadapan dengan Indonesia. Bahkan sebelum dihajar bolak-balik sepanjang 2024 ini, Vietnam mampu membuat Indonesia tidak pernah mengalahkan Indonesia di Hanoi selama 20 tahun.

Vietnam pun kini sedang berusaha bangkit. Langkah penting yang sudah dilakukan The Golden Stars adalah memecat Philippe Troussier sebagai pelatih dan menggantinya dengan Kim Sang-sik.

Akankah Indonesia menang lagi atas Vietnam atau justru Vietnam yang bakal bangkit di ASEAN Cup 2024? Kita nantikan saja!

Momen Langka di Sepak Bola: Ayah dan Anak Bermain Satu Tim di Persija

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini