Profil Calvin Verdonk, Bek Kiri Didikan Belanda yang Siap Berseragam Timnas Indonesia

Profil Calvin Verdonk, Bek Kiri Didikan Belanda yang Siap Berseragam Timnas Indonesia
info gambar utama

Inilah profil Calvin Verdonk. Pemain baru Timnas Indonesia yang siap jadi andalan di lini belakang.

Nama Verdonk ramai disebut-sebut jelang Indonesia menghadapi Filipina dalam laga pamungkas Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde kedua. Ia dilaporkan bakal diturunkan dalam laga yang dijadwalkan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Selasa (11/6/2024) itu.

Verdonk adalah pemain yang tadinya berkewarganegaraan Belanda dan baru resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Rabu (5/6/2024) lalu. Proses peralihan asosiasi dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI juga sudah disetujui Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) sehingga ia dipastikan sudah bisa berseragam Timnas Indonesia.

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Semakin Panas, Saatnya Timnas Indonesia Hajar Filipina!

Profil Calvin Verdonk

Calvin Verdonk adalah pemain kelahiran 26 April 1997. Pria bertinggi badan 174 cm itu punya darah Indonesia dari sang ayah yang berasal dari Meulaboh, Aceh.

Saat berusia belia, Verdonk menimba ilmu sepak bolanya di Belanda. Transfermarkt mencatat ia pernah bermain sebagai pemain muda di SC Amstelwijck, VV Wieldrecht, dan Feyenoord.

Di Feyenoord, Verdonk mulai menjalani karier level senior. Sejak 2015 hingga 2020, sudah tiga kali pula ia dipinjamkan Feyenoord ke klub lain, yakni ke PEC Zwolle, NEC Nijmegen, dan FC Twente.

Bersama Feyenoord, Verdonk juga mengoleksi gelar. Ada tiga trofi yang diraihnya di sana, yakni Liga Belanda U-17, KNVB Beker, dan Piala Super Belanda

Verdonk meninggalkan Feyenoord pada 2020 untuk hijrah ke Portugal dan bergabung dengan Famalicao. Namun, ia kembali dipinjamkan ke NEC hingga akhirnya dipermanenkan dan jadi tempatnya bermain hingga saat ini.

Di lapangan, Verdonk biasa bermain di posisi bek kiri. Dengan demikian, ia akan bersaing dengan Pratama Arhan, Shayne Pattynama, dan Nathan Tjoe-A-On untuk jadi pilihan utama pelatih Shin Tae-yong di skuad Indonesia.

Sebelum jadi bagian dari Timnas Indonesia, Verdonk membela Belanda di level junior. Tercatat, ia pernah bermain bagi Der Oranje sejak di level U-15 hingga U-21 dan tampil di ajang Piala Eropa U-17 dan U-19.

Kini, Verdonk bisa diandalkan Indonesia untuk laga kontra Filipina yang sangat penting. Maklum saja, Indonesia butuh kemenangan demi mengamankan satu tiket tersisa ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Meski keputusan pemain yang akan bermain ada di tangan pelatih, tapi saya pastikan Verdonk sudah siap bertanding saat melawan Filipina," ujar Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Berkat Venezia dan Como, Serie A Italia Bakal Diramaikan oleh 2 Orang Indonesia

Referensi:

  • https://www.transfermarkt.com/calvin-verdonk/erfolge/spieler/258364
  • https://www.pssi.org/news/verdonk-dipastikan-bertanding-lawan-filipina

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini