Astranauts 2024 Jadi Panggungnya Inovasi Terbaik Anak Bangsa, Ini 9 Pemenangnya

Astranauts 2024 Jadi Panggungnya Inovasi Terbaik Anak Bangsa, Ini 9 Pemenangnya
info gambar utama

Astranauts 2024 tuntas digelar. Ajang yang jadi panggung bagi inovasi-inovasi terbaik anak bangsa ini sekaligus telah menentukan 9 pemenangnya.

Penentuan pemenang Astranauts 2024 dihelat di Jakarta pada Jumat (7/6/2024) setelah terlebih dahulu dilaksanakan rangkaian tahap penjaringan dan Demo Day. Para pemenang terbagi menjadi tiga kategori, yakni jalur startup, mahasiswa, dan kategori business challenge.

Astranauts merupakan kompetisi inovasi digital dan konferensi teknologi yang diorganisir oleh PT Astra Internasional. Ajang ini digelar dengan misi mendorong perkembangan ekonomi berkelanjutan melalui teknologi .

Tercatat ada 2.400 peserta yang ikut serta dalam Astranauts 2024. Panitia kemudian memilih 19 finalis untuk mempresentasikan inovasinya di hadapan dewan juri.

Dari 19 finalis, terpilih 9 pemenang yang berhak atas hadiah uang tunai senilai total Rp350 juta. Selain uang, ada pula berbagai fasilitas yang didapat, mulai dari mentoring bersama para pakar dan praktisi industri terkemuka, hingga berkolaborasi dengan Grup Astra.

Daftar Pemenang Astranauts 2024:

Jalur Startup

Juara 1: FishGo
Juara 2: AKAR
Juara 3: 3DPint.ID

Jalur Mahasiswa

Juara 1: MooApps
Juara 2: INCLUDE Technology
Juara 3: KOMIB.id

Kategori Business Challenge

Juara 1: AssetFindr
Juara 2: Mine-Eye Gama
Juara 3: S.2.R.E

Bincang Inspiratif 15th SATU Indonesia Awards 2024, Menebar Inspirasi di Kota Kendari

Mencari Solusi Berkualitas

Direktur Astra, Santosa, dalam sambutannya mewakili Presiden Direktur Astra, Djony Bunarto Tjondro, menjelaskan Astranauts adalah bagian dari upaya untuk mendorong inovasi guna meningkatkan kualitas ekosistem teknologi dan digital di Indonesia.

Astranauts hadir di tengah banyaknya kebutuhan masyarakat yang membutukan peran teknologi untuk memenuhinya. Di sisi lain, teknologi juga semakin kompleks dan masyarakat banyak pencari produk yang layanan yang terpersonalisasi.

Di sini, Astra melihat bahwa inovasi menjadi penting agar lahir jalan guna memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut. Meski demikian, Astra meyakini bahwa solusi inovatif saja tidak cukup. Solusi tersebut juga harus profitable bagi perusahaan rintisan atau startup agar bisa terus eksis dan memberi manfaat.

"Karena itu, penting untuk memikirkan kualitas atas solusi yang dihasilkan, apakah mampu menylesaikan masalah yang ada dan memenuhi kebutuhan pasar sehingga dapat bersaing di era saat ini dan akan datang," kata Santosa.

Di Astranauts, Astra memberi berbagai fasilitas seperti monitoring program akselerasi lanjutan yang dikenal dengan Astra Innovation Lab dan peluang untuk berjeraing dengan grup Astra serta pihak lainnya untuk mendukung perkembangan startup agar senantiasa relevan dengan zaman dan kebutuhan pelanggan, serta saling memberi manfaat.

"Astra mengajak anak-anak muda dan mahasiswa untuk dapat menumbuhkan solusi-solusi terbaik . Astra yakin anak anak muda tersebut dapat memberi kontribusi yang berkelanjutan dan berarti bagi Indonesia," pungkas Santosa.

Presiden RI Joko Widodo Resmikan Pembangunan Astra Biz Center-IKN

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini