ASEAN Schools Games 2024, Tempatnya Remaja Indonesia Menorehkan Prestasi Gemilang

ASEAN Schools Games 2024, Tempatnya Remaja Indonesia Menorehkan Prestasi Gemilang
info gambar utama

Para remaja Indonesia menorehkan prestasi gemilang di ajang ASEAN Schools Games 2024. Perjuangan mereka tak sia-sia karena gelontoran medali berhasil didapat.

ASEAN Schools Games merupakan ajang olahraga multievent yang diikuti oleh para pelajar se-Asia Tenggara. Tahun ini, ajang tersebut telah diselenggarakan di Da Nang, Vietnam pada sejak 1-7 Juni lalu.

Indonesia ambil bagian dalam enam cabang olahraga yang dilombakan, yakni atletik, renang, bola basket, bulu tangkis, pencak silat, dan vovinam. Dari 106 nomor pertandingan yang diikuti, hasilnya Indonesia membawa pulang total 22 medali emas, 22 perak, dan 20 perunggu. Ini sekaligus menempatkan Indonesia di posisi kedua klasemen perolehan medali.

Cabor renang menyumbang medali paling banyak. Tercatat, para atlet di cabor ini mengoleksi 11 emas, 6 perak, serta 7 perunggu.

Tatap Olimpiade Paris 2024, Bulu Tangkis Indonesia Bersiap dengan Optimisme Tinggi

Diapresiasi Menpora

Keberhasilan para remaja Indonesia di ASEAN Schools Games 2024 turut diapresiasi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo. Dalam acara jamuan kedatangan kontingen Indonesia di Auditorium Wisma Kemenpora, Jakarta, Dito mengaku bangga atas perjuangan para atlet, pelatih, dan ofisial, serta menegaskan bahwa ini adalah pembuktian bahwa Indonesia adalah negara yang tangguh dan diperhitungkan di Asia tenggara.

Dito berharap agar prestasi cemerlang Indonesia di ASEAN Schools Games bisa berlanjut. Guna mewujudkan harapan tersebut, Kemenpora bergerak menyiapkan program dan fasilitas pendukung.

“Inilah mengapa kita ingin ada penguatan program-program pembinaan usia dini. Insyaallah untuk ASEAN Schools Games kita sudah memiliki fasilitas Cibubur Youth Elite Sport Center, harusnya prestasinya lebih meningkat,” lanjut Dito.

Kini dengan prestasi membanggakan yang telah diraih di ASEAN Schools Games, para olahragawan muda Indonesia mendapatkan hadiah berupa beasiawa. Hadiah ini diberikan untuk mendukung proses pendidikan para atlet pelajar.

“Sudah seharusnya kami Pemerintah memberikan apresiasi kepada pelatih dan atlet muda kami. Untuk atlet akan diberikan beasiswa untuk peraih medali emas, perak, dan perunggu,” kata Dito lagi.

Meski tak menyebut secara pasti nilai beasiswa yang diberikan, Dito memastikan itu lebih besar ketimbang beasiswa ASG edisi 2019 silam. Selain atlet, pelatih juga turut menerima hadiah.

“Untuk pelatih juga ada, tenang saja. Dan pastinya lebih tinggi dari 2019,” sebut Dito.

Perjalanan Heroik Vanissa Siregar, Dari DBL Camp hingga Latihan di China dan USA

Sumber:

  • https://www.kemenpora.go.id/detail/5046/sambut-kedatangan-atlet-asean-schools-games-2024-menpora-dito-bangga-indonesia-bisa-raih-peringkat-kedua
  • https://www.kemenpora.go.id/detail/5047/menpora-dito-sebut-peraih-medali-di-asean-schools-games-2024-bakal-dapat-beasiswa

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini