1,1 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabotabek pada Libur Natal, Ini Statistiknya

Artikel ini milik GoodStats dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

1,1 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabotabek pada Libur Natal, Ini Statistiknya
info gambar utama

Hari Raya Natal ibarat Hari Raya Idulfitri kedua bagi masyarakat Indonesia, khususnya warga Jabodetabek. Hari raya yang ditandai dengan hari libur nasional dan libur akhir tahun ini dimanfaatkan sebagian besar masyarakat Jabotabek untuk melakukan mudik ke kampung halamannya atau sekadar pergi rekreasi ke luar kota.

Hal tersebut dibuktikan dengan laporan yang dicatat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Jalan Tol, PT Jasa Marga (Persero) Tbk per 25 Desember bahwa telah terdapat total 1.156.990 kendaraan yang meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-7 hingga H-1 Hari Raya Natal 2022 atau Minggu (18/12) hingga Sabtu (24/5). Angka tersebut dirangkum dari arus lalu lintas empat gerbang tol utama, yakni Cikupa (arah Merak), Ciawi (arah Puncak), Cikampek Utama (arah Trans Jawa), serta Kalihurip Utama (arah Bandung).

"Total volume lain yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 16,81 persen jika dibandingkan lalin normal periode Juni 2022 dengan total 990.470 kendaraan. Jika dibandingkan dengan periode Nataru (Natal dan Tahun Baru) 2021, total volum lalin ini naik 5,29 persen dengan total 1.098.840 kendaraan," tulis Jasa Marga dalam rilisnya (25/12).

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini