Beberapa Cerita Legenda Tentang Gunung Geulis

Artikel ini milik Inimahsumedang dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Beberapa Cerita Legenda Tentang Gunung Geulis
info gambar utama

Gunung Geulis merupakan sebuah gunung kecil yang berada di wilayah barat Kabupaten Sumedang. Tepatnya berlokasi di tapal batas tiga kecamatan yaitu Kecamatan Jatinangor, Kecamatan Cimanggung dan Kecamatan Tanjungsari. 

Dengan ketinggian yang tidak terlalu tinggi, Gunung Geulis tidak terlalu terkenal bagi orang di luar sekitar Gunung Geulis. Sehingga yang mendakinya pun biasanya terbatas bagi orang sekitar saja seperti orang Jatinangor atau Tanjungsari saja. 

Walau tidak terlalu tinggi, dari puncak Gunung Geulis bisa melihat indahnya pemandangan alam seperti di saat matahari terbit di ufuk timur atau ketika matahari tenggelam di arah barat. 

Pemandangan alam di bawah Gunung Geulis, hamparan pesawahan bercampur dengan pemukiman dan jalan-jalan. Wilayah Jatinangor juga terlihat jelas dari puncak Gunung Geulis.

Gunung ini memiliki puncak dengan ketinggian sekitar 1.281 meter di atas permukaan laut (mdpl). Di puncak Gunung Geulis terdapat lahan yang datar dan cukup luas. Terdapat dua buah pohon beringin besar. 

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini