Dosen ITB Ciptakan Modultrax, Motor untuk Solusi Distribusi Barang di Daerah Terpencil

Artikel ini milik GoodSide dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Dosen ITB Ciptakan Modultrax, Motor untuk Solusi Distribusi Barang di Daerah Terpencil
info gambar utama

Inovasi teknologi terus berdatangan dari kalangan akademisi Indonesia. Kali ini, Institut Teknologi Bandung (ITB) memperkenalkan inovasi terbarunya bernama Modultrax, yakni kendaraan listrik yang dapat digunakan di segala medan. Inovasi tersebut lahir dari tangan dingin Dosen Program Studi Desain Produk Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB, Bismo Jelantik.

Modultrax ialah abreviasi dari Modular Utility Transport – All Terrain. Sesuai namanya, Modultrax merupakan inovasi di bidang transportasi berjenis motor yang bersifat utility atau sarat akan nilai guna dan manfaat. Hal itu karena Modultrax dirancang dengan rangka yang memiliki sistem kargo modular yang dapat dikaitkan dengan perkakas, seperti alat pertanian, rak pengangkut, dan lain-lain. 

Terciptanya Modultrax ini berawal dari pandemi COVID-19 yang memengaruhi kehidupan di daerah terpencil. Melansir itb.ac.id, Modultrax dibuat atas dasar kebutuhan distribusi vaksin COVID-19 ke daerah-daerah di Indonesia yang sulit untuk dijangkau. Di sisi lain, penjualan mobil dan motor terganggu akibat pandemi. 

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini