Ecoton Pamerkan Program Aksi Brantas di World Water Forum

Artikel ini milik Greeners.co dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Ecoton Pamerkan Program Aksi Brantas di World Water Forum
info gambar utama

Jakarta (Greeners) –  Ecological Observation & Wetlands Consevation (Ecoton) memamerkan program Aksi Brantas pada ajang World Water Forum ke-10 di Bali. ProgramtersebutbertujuanmemulihkanSungai Brantas di Jawa Timur. Hal itu melaluimodelinovatifyangmemprioritaskanperempuandan anak-anak untukmemulihkankualitasairsungai.​

Sebagai salah satu ekosistem lahan basah di Indonesia, kondisi Sungai Brantas terkontaminasi sampah plastik. Sungai tersebut juga makin tercemar mikroplastik dan limbah industri.

Melihat permasalahan tersebut, Ecoton berkolaborasi dengan lima lembaga di Belanda dan Indonesia dalam menginisiasi proyek pemulihan kualitas air Sungai Brantas lewat program Aksi brantas.

BACA JUGA: Limbah Industri Micin dan Kertas Cemari Kali Brantas Jatim

“Salah satu tujuan proyek ini adalah meningkatkan partisipasi masyarakat di Sungai Brantas. Khususnya, perempuan dan anak dengan memberikan pelatihan pemantauan pencemaran dan kerusakan sungai melalui program Citizen Science. Proyek ini juga menjalin koordinasi dan kolaborasi untuk menjalankan aksi solusi dengan pemerintah, lembaga pendidikan dan komunitas,” ungkap Direktur Eksekutif Ecoton, Daru Setyorini di Bali.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini