Future of Leadership Milestone in Energy Transition Indonesia 2022 Ajak Berbagai Pihak Menuju Indonesia Energi Terbarukan

Artikel ini milik GoodSide dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Future of Leadership Milestone in Energy Transition Indonesia 2022 Ajak Berbagai Pihak Menuju Indonesia Energi Terbarukan
info gambar utama

Per-hari ini, menurut Badan Pusat Statistik (BPS), data demografi pemuda di Indonesia sesuai rentang usia antara 16-30 tahun berjumlah 61,8 juta orang atau 24,5% dari total penduduk di Indonesia. Secara kuantitas angka 24,5% ini sangat besar.

Terlebih lagi, mulai 2020 sampai 2035, Indonesia akan menikmati suatu era yang disebut dengan bonus demografi, yakni poryeksi bahwa jumlah usia produktif Indonesia berada pada grafik tertinggi dalam sejarah bangsa ini, mencapai 64% dari total jumlah penduduk Indonesia sebesar 297 juta jiwa.

Memanfaatkan bonus demografi, peran pemuda dalam transisi energi ini sangatlah vital. Potensi daya energi terbarukan yang dimiliki Indonesia perlu dikelola dengan kompeten agar memberi nilai tambah terhadap kesejahteraan rakyat banyak. Sejalan dengan itu, dimasukkannya isu transisi energi sebagai salah satu topik pada Presedensi G20 Indonesia pada 2022. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan energi.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini