Goa Sentono, Histourisme Blora – Bojonegoro (1)

Artikel ini milik Jurnaba dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Goa Sentono, Histourisme Blora – Bojonegoro (1)
info gambar utama

Histourisme adalah program history tour yang diadakan Tim Jurnaba. Kali ini, kami akan mengulas lokasi istimewa bernama Goa Sentono. Sebuah tempat wisata bersejarah yang jadi pembatas antara Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Secara administratif, Goa Sentono terletak di dekat Menden, Blora (Jawa Tengah). Namun secara posisi, lokasi Goa Sentono ini berada tepat di seberang Jipangulu, Margomulyo, Bojonegoro (Jawa Timur). Goa Sentono sangat menarik karena ia jadi titik temu antara kutub Jawa Timur dan kutub Jawa Tengah.

Goa Sentono jadi lokasi wisata alternatif yang cukup menarik di wilayah Blora dan Bojonegoro. Beberapa tahun belakangan, tempat ini mulai dirawat secara serius. Ini terbukti dari adanya Taman Sentono, yang berada tepat di atas Goa Sentono.

Taman Sentono merupakan hamparan bukit berisi ornamen batu bata kuno. Taman ini berlokasi tepat di atas Goa Sentono. Menariknya, jarak antara taman dan goa, diberi koridor penghubung berupa tlundakan beton. Vibes-nya mirip The Great Wall of Cina lho, Nabs. Beneran.

Dalam paradigma tekstur geografis, Goa Sentono merupakan sedinding tebing bergoa, yang berada tepat di atas Bengawan Solo. Tinggi Tebing Goa Sentono ini, sekitar 30 meter dari sungai. Artinya, tempat ini merupakan satu-satunya tebing tertinggi yang berada di pinggir Bengawan Solo.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini