Hoesein Djajadiningrat, Orang Indonesia yang Patungnya Dipajang di Universitas Leiden Belanda

Artikel ini milik GoodSide dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Hoesein Djajadiningrat, Orang Indonesia yang Patungnya Dipajang di Universitas Leiden Belanda
info gambar utama

Saat akses pendidikan di tanah air masih belum merata, Husein Jayadiningrat atau Hoesein Djajadiningrat (ejaan lama) berhasil melampaui batas-batas itu. Ia merupakan bumiputra yang lahir pada 8 Desember 1886 di Kramatwaru, Serang, Banten. Hoesein dikenal sebagai pelopor dunia kerja sama Indonesia yang patungnya kini dipajang di Universitas Leiden, Belanda.

Bukan tanpa alasan mengapa patung Hoesein menjadi satu-satunya patung dengan tubuh utuh yang dipajang di universitas kenamaan Negeri Kincir Angin tersebut. Hoesein merupakan alumnus program doktoral Universitas Leiden yang berhasil lulus dengan predikat cum laude. Kelulusannya itu sekaligus menjadikan Hoesein sebagai orang Indonesia pertama yang mendapat gelar doktor. 

Sejak kecil, Hoesein sudah mengenyam pendidikan yang bagus. Sebelum berkuliah di Universitas Leiden pada tahun 1905, Hoesein telah menamatkan sekolah menengah lima tahun Hogere Burger School (HBS) pada tahun 1899. Akses pendidikan yang bagus tersebut didapatkan Hoesein karena ia berasal dari keluarga dengan status sosial tinggi.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini