Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia pada 2022 Jadi yang Tertinggi, Bagaimana Rinciannya?

Artikel ini milik GoodStats dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia pada 2022 Jadi yang Tertinggi, Bagaimana Rinciannya?
info gambar utama

Penyelenggaraan ibadah haji jemaah Indonesia pada 2022 M/1443 H mendapat predikat "sangat memuaskan" dari rerata jemaahnya. Hal tersebut tertuang dalam laporan rutin "Survei Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (SKJHI)" yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Senin (19/12) lalu.

SKJHI merupakan laporan ilmiah rutin yang dibuat BPS sejak 2010 lalu untuk membantu penyelenggara ibadah Haji (Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama) melakukan evaluasi penyelenggaraan ibadah haji. Hadirnya SKJHI bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan jemaah haji Indonesia melalui Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI), serta mendapatkan masukan dari jemaah perihal jenis-jenis layanan yang perlu dievaluasi untuk penyelenggaraan ibadah haji mendatang.

Berdasarkan penilaian SKJHI 2022, Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) pada penyelenggaraan ibadah haji 2022 mencapai angka 90,45 poin atau mendapatkan predikat "sangat memuaskan". Bahkan, angka ini menjadi yang tertinggi sejak edisi survei pertama yang dilaksanakan pada 2010.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini