Ini Dia Harta Karun Tersembunyi Indonesia

Artikel ini milik zonaebt dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Ini Dia Harta Karun Tersembunyi Indonesia
info gambar utama

Letak Indonesia yang berada di wilayah tumbukan lempeng tektonik dan garis khatulistiwa membuat Indonesia memiliki cadangan energi yang sangat besar. Makin tahu Indonesia, Indonesia memiliki sumber panas bumi yang sangat melimpah, tersebar sepanjang jalur sabuk gunung api mulai dari Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi Utara, dan Maluku serta merupakan potensi panas bumi terbesar di dunia. Mengacu pada hasil penyelidikan panas bumi yang telah dilakukan oleh Badan Geologi, KESDM hingga tahun 2013 telah teridentifikasi sebanyak 312 titik potensi panas bumi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan total potensi sebesar 28.910 MW.

Berdasarkan data dari Think Geo Energy Research pada 202, Indonesia menempati urutan kedua sebagai negara dengan penghasil energi geothermal terbesar di dunia, setelah Amerika Serikat (AS). Indonesia memiliki kapasitas pembangkit listrik secara nasional sebesar 2.276 megawatt (MW).

Untuk itu, seharusnya pemerintah memikirkan pengembangan energi panas bumi sebagai Langkah diversifikasi energi yang merupakan elemen penting dalam penciptaan ketahanan energi.

“Saat ini ditemukan potensi geothermal dunia sejumlah 40.000 GW (Giga Watt, red). Jika dibandingkan dengan kebutuhan energi dunia yang hanya membutuhkan 15.000 GW,” ujar Herman Darnel Ibrahim, Organizing Committee World Geothermal Congress 2010. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan jika Geothermal berpotensi dapat memenuhi kebutuhan energi dunia.

Jika dicermati, penduduk Indonesia makin bertambah setiap harinya. Pertumbuhan penduduk akan berbanding lurus dengan kebutuhan energinya. Proses eksplorasi dan eksploitasi panas bumi tidak membutuhkan lahan permukaan yang terlalu besar dan bersifat tidak dapat diekspor. Hal ini sangat tepat jika Geothermal digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi dalam negeri.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini