Konser Musik yang Ramah Lingkungan, Memangnya ada?

Artikel ini milik zonaebt dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Konser Musik yang Ramah Lingkungan, Memangnya ada?
info gambar utama

Setelah hampir dua tahun harus menahan diri karena pandemi, akhirnya kini sudah banyak konser-konser musik yang diselenggarakan. Konser Musik merupakan salah satu hiburan yang sedang marak akhir-akhir ini. Apalagi saat ini sudah mendekati penghujung tahun, banyak sekali kehadiran penyanyi atau grup band baik dari Indonesia maupun Internasional yang belakangan ini mengadakan konser di Indonesia.

Tetapi euforia tersebut tidaklah bagus jika berlebihan apalagi hingga merugikan lingkungan sekitar. Dikarenakan konser merupakan acara yang memiliki pengunjung yang besar, tentu memiliki dampak yang tidak sedikit kepada lingkungan sekitar seperti menimbulkan tumpukan sampah, penggunaan energi yang berlebihan, menimbulkan polusi udara serta dampak lainnya yang dapat menimbulkan masalah pada lingkungan.

Kini banyak musisi yang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan, sehingga mereka memilih “Green Touring” atau Konser Ramah Lingkungan. Ada beberapa musisi yang sudah melakukan Green Touring ini, seperti:

1. Coldplay – Music of The Spheres World Tour (2022)

Pada konser kali ini, Coldplay melakukan aksi ‘one ticket = one tree’ yang mengajak para fansnya untuk menanam pohon. Coldplay juga menggunakan dekorasi panggung yang dibuat dari bahan alami seperti bambu dan juga menggunakan baja daur ulang yang bisa digunakan untuk konser selanjutnya. Coldplay juga menyediakan water refill station sehingga para fansnya diharapkan membawa tumblr untuk mengurangi sampah plastik. Tidak hanya itu, Coldplay juga bekerja sama dengan food bank untuk mendonasikan makanan berlebih jika ada. Penggunaan bahan plastik dan polyester tidak akan digunakan jika tidak dalam keadaan terpaksa.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini