Kontribusi Indonesia untuk ASEAN, Kamu Wajib Tahu!

Artikel ini milik Indonesiabaik.id dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Kontribusi Indonesia untuk ASEAN, Kamu Wajib Tahu!
info gambar utama

Indonesia secara resmi dilantik menjadi ketua untuk ASEAN 2023. Hal ini ditandai dengan acara pemukulan alat musik rebana dan kick off oleh Presiden RI, Joko Widodo, di Bundaran Hotel Indonesia, akhir Januari lalu.

Tahun ini, ASEAN mengusung tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”.  Dilansir dari laman kemendag.go.id, presiden Jokowi menyampaikan optimisme bahwa ASEAN masih penting dan relevan bagi rakyat, kawasan, dan dunia sebagai pusat pertumbuhan ekonomi. Indonesia bertekad mengarahkan kerja sama ASEAN tahun 2023 untuk melanjutkan dan memperkuat relevansi ASEAN dalam merespon tantangan kawasan dan global, dan memperkuat posisinya sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan, demi kemakmuran rakyat di Asia Tenggara.

Nah, sebagaimana yang kita ketahui, negara kita merupakan salah satu pendiri dari ASEAN bersama negara-negara lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia sendiri memiliki peranan penting terhadap berdirinya ikatan tersebut. Terlebih lagi, bukan kali ini saja kita menjadi tuan rumah bagi perhelatan besar tersebut. Sejak berdirinya ASEAN di tahun 1967, tercatat sudah tiga kali lo, negara kita menjadi tempat penyelenggaraan ASEAN, yaitu di tahun 1976, 2003, dan 2011.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini