Mengalirkan Kebahagiaan dan Inspirasi

Artikel ini milik Jurnaba dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Mengalirkan Kebahagiaan dan Inspirasi
info gambar utama

Hakikat dalam hidup adalah “proses menjadi”. Tidak berhenti tentang eksistensi atau keberadaan. Segala keberadaan berada dalam lintasan proses panjang untuk menjadi. Perihal penting yang senantiasa harus ada adalah pergerakan, kemajuan, dan perjuangan. Setidaknya, begini pandangan Hieraklitos yang disitir dalam Alam Pikiran Yunani (1980) karya Bung Hatta.

Pergerakan yang senantiasa diinisiasi dan ditirakati, kemajuan yang diupayakan tanpa berkeputusan, dan perjuangan yang melalui banyak kontradiksi atas hal-hal yang diinginkan dan tidak diinginkan. Pergerakan, kemajuan, dan perjuangan adalah tanda adanya kehidupan.

Ketiganya adalah induk dari segala rupa wajah kehidupan. Semuanya mengalir, bergerak, maju menuju kondisi yang berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Perubahan adalah keniscayaan yang senantiasa harus diupayakan. Tiada perubahan yang hadir dan menghampiri tanpa adanya keseriusan dan kesungguhan kemauan.

Tidak hanya bermodal kesungguhan dan keseriusan, perubahan juga memerlukan alat yang benar dan tepat agar menuju arah yang diinginkan. Alat yang mampu memandu perubahan ke arah yang benar, lagi-lagi mengutip dari Hieraklitos, adalah logos atau pikiran yang benar.

Setiap manusia memiliki akal dan pikiran, namun tidak semuanya mampu meraih dan memiliki akal yang sehat serta pikiran yang benar. Manusia yang hidup dengan keandalan pikirannya adalah manusia yang beruntung. Hidup dengan berpikir adalah pangkal kebahagiaan.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini