Siapa Saja 5 Tokoh Pendiri ASEAN? Berikut Biografinya yang Perlu Diketahui!

Artikel ini milik Indonesiabaik.id dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Siapa Saja 5 Tokoh Pendiri ASEAN? Berikut Biografinya yang Perlu Diketahui!
info gambar utama

Di balik kerja sama yang terjalin sejahtera dalam organisasi besar antarnegara Asia Tenggara seperti ASEAN, tentunya banyak upaya dan pengorbanan yang diperjuangkan untuk menciptakan kedamaian regional. Itulah mengapa organisasi yang memiliki kepanjangan Association of Southeast Asian Nation ini didirikan karena merupakan jawaban atas kondisi kawasan yang pada saat itu sedang dihadapkan dengan situasi rawan konflik.

Dapat dibilang juga bahwa ASEAN merupakan proses rekonsiliasi antara Indonesia, Malaysia, dan Filipina mengenai perebutan pengaruh ideologi yang mana saat itu Thailand menjadi negara penengah. Tak lama dari situasi konflik kawasan, keempat negara tersebut kemudian menyadari akan pentingnya memperbaiki hubungan kerja sama. Dengan mengajak Singapura, kelima negara pun akhirnya menggagas organisasi antarnegara Asia Tenggara yang diberi nama ASEAN.

ASEAN berdiri pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Berdirinya ASEAN ditandai dengan peresmian Deklarasi ASEAN atau juga Deklarasi Bangkok yang ditandatangani oleh perwakilan kelima negara pendiri ASEAN, yakni Adam Malik dari Indonesia, Narciso R. Ramos dari Filipina, Thanat Khoman dari Thailand, Tun Abdul Razak dari Malaysia, dan Rajaratnam dari Singapura.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini