Wow! Ada Panel Surya Canggih yang Terinspirasi dari Gerak Tumbuhan

Artikel ini milik zonaebt dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Wow! Ada Panel Surya Canggih yang Terinspirasi dari Gerak Tumbuhan
info gambar utama

Tahukah sobat EBT heroes, jika ada panel surya yang bergerak seperti gerakan fototropisme tumbuhan? Namun sebelum mengulik panel surya lebih jauh, kita harus ketahui terlebih dahulu gerakan fototropisme sobat EBT heroes. Jadi, Fototropisme adalah respon gerakan tumbuhan terhadap arah cahaya. Tumbuhan dapat menyesuaikan pertumbuhan dan orientasi mereka untuk mengoptimalkan penyerapan sinar matahari untuk fotosintesis dan pertumbuhan. Nah, nantinya panel surya akan dimodifikasi sedemikian rupa sehingga panel surya dapat mengikuti arah gerak matahari dan meningkatkan efisiensi yang didapatkan oleh panel surya itu sendiri sobat EBT heroes.

Panel surya yang mempunyai prinsip kerja demikian lebih dikenal dengan solar panel tracking system. Panel surya ini merupakan salah satu teknologi yang memungkinkan panel surya mengikuti pergerakan matahari sepanjang hari untuk memaksimalkan produksi energi. Tujuan dari tracking system panel surya adalah untuk meningkatkan jumlah sinar matahari yang diterima panel surya, yang dapat menghasilkan produksi energi hingga 25-30% lebih banyak dibandingkan dengan sistem panel surya dengan kemiringan tetap.

Ada dua jenis tracking system panel surya: single axis dan dual axis. Tracking systemsingle axis menggerakkan panel secara horizontal untuk melacak pergerakan matahari dari timur ke barat sepanjang hari. Tracking systemdual axis, di sisi lain, menggerakkan panel baik secara horizontal maupun vertikal, memungkinkannya melacak pergerakan matahari di kedua dimensi. Tracking systemdua axis lebih kompleks dan mahal daripada sistem single axis tetapi dapat menghasilkan lebih banyak energi.

Dual axis tracking system mempunyai keunggulan jika dibandingkan dengan single axis tracking system yaitu menggunakan 2 sumbu x dan y dalam bergerak. Oleh karena itu, dual axis tracking akan lebih mudah dalam bergerak mengikuti arah gerak matahari. Dalam proses pemasangan sistem dual axis tracking memperhatikan sistem koordinat horizontal untuk menentukan posisi objek yang tepat di langit. Pada dasarnya sistem koordinat horizontal pada dasarnya mencakup ketinggian dan sudut azimuth untuk menunjukkan objek dilangit. Dual axis tracking system diletakkan lurus di atas sumbu zenith. Dengan memfokuskan pada sumbu zenith, sudut vektor sinar matahari diukur dari bidang horizontal ke zenith mewakili sudut ketinggian. Sudut ketinggian ini digunakan untuk mengikuti lintasan harian matahari dari arah timur ke barat yang sudutnya dapat bervariasi yaitu dari 00 hingga 900

Tracking system panel surya dapat aktif atau pasif. Tracking system aktif menggunakan motor dan sensor untuk menggerakkan panel, sedangkan tracking system pasif mengandalkan desain tracking system untuk merespons perubahan suhu dan gravitasi untuk menggerakkan panel.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini