Lupa Sandi?

Animasi Layar Lebar Battle of Surabaya Berjaya di Festival Film Internasional

Yufi Eko Firmansyah
Yufi Eko Firmansyah
0 Komentar
Animasi Layar Lebar Battle of Surabaya Berjaya di Festival Film Internasional
Animasi Layar Lebar Battle of Surabaya Berjaya di Festival Film Internasional

Ada kabar terbaru dari film layar lebar animasi 2D pertama karya anak bangsa, Battle of Surabaya (BoS), dilansir dari laman bisnis.com BoS sukses membawa sejumlah penghargaan di festival internasional pada awal tahun ini (2016).

Penghargaan ini membuktikan film yang dirilis pada tahun 2015 dengan total biaya produksi Rp 15 miliar yang dikerjakan selama tiga tahun, mampu menembus pasar internasional.

Sejumlah penghargaan yang diraih seperti, Gold Remi Award The 49th Annual WorldFest-Houston 2016 untuk Theatrical Film & Video Awards: Animation, Winner Best Animated Film Feature 3rd Noida International Film Festival 2016 di India, Official Selection Holland Animation Film Festival Netherland (HAFF) 2016, Tributes Special Acreenings 11th Athens Animfest, dan Official Selection Dingle International Film Festival 2016 di Irlandia untuk kategori Feature Animated Films.

Baca Juga

Salah satu festival, Dingle International Film Festival yang diselenggarakan 17-20 Maret kemarin, merupakan festival animasi terbesar yang diadakan di Irlandia. Battle of Surabaya bersaing dengan film animasi terpilih dari Irlandia, Prancis, Jepang dan Amerika. Dalam festival tersebut, Battle of Surabaya juga ditayangkan pada 20 Maret 2016 di The Phoenix Cinema.

Pada tahun-tahun sebelumnya pun Film animasi ini telah meraih beragam penghargaan internasional, diantaranya People's Choice Award di ajang International Movie Trailer Festival (IMTF) 2013 dengan menyisihkan 246 trailer film dari dua puluh negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Spanyol, Prancis, dan Australia.

Film Battle of Surabaya untuk versi internasional diberi judul November 10th. Dan tentunya pada versi internasional memiliki pengisi suara (dubber) yang berbeda dengan versi nasional. Beberapa artis dari berbagai negara ikut berperan dalam film yang dikerjakan 100 persen oleh animator lokal ini, diantaranya Alistair Hendry (Musa), Angela Nazar (Yumna), Keagan Kang (Danu). Sementara, pada versi aslinya, pengisi suara yakni Ian Saybani (Musa), Reza Rahadian (Danu), Maudya Ayunda (Yumna).

Baca juga: Kembalinya "Si Unyil" dalam Animasi 3 Dimensi

“Keikutsertaan dalam Dingle International Film Festival 2016 tidak hanya mengenalkan film ini kepada masyarakat di Irlandia. Namun, ini sebagai salah satu upaya agar Battle of Surabaya dapat menembus pasar internasional”, ucap Head of PR and Marketing MSV Pictures Agung Wijanarko.

"Festival menjadi ajang menguji suatu karya", tambahnya.

Selamat untuk Battle of Surabaya, semoga film animasi karya anak bangsa semakin mendunia.

Disadur dari laman Bisnis.com dan Kemlu RI (17/04/2016).


Sumber Gambar Sampul: battleofsurabayathemovie.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG YUFI EKO FIRMANSYAH

Selalu ada sisi yang lain. Waktu tak menunggu siapapun. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata