Sagori, Segitiga Bermuda Indonesia

Sagori, Segitiga Bermuda Indonesia
info gambar utama
Pulau Sagori yang indah sekaligus menyimpan misteri
info gambar

Siapa yang tidak mengenal Kepulauan Wakatobi, gugusan pulau dengan alam bawah laut yang indah dan terletak di bagian selatan Provinsi Sulawesi Tenggara. Tapi bukan Wakatobi yang akan saya ceritakan kepada Anda, melainkan Pulau Sagori yang juga termasuk dalam wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, tepatnya di Kabupaten Bombana, Kecamatan Kabaena Barat. Sebuah pulau dengan pasir putih dan air laut jernih, tidak kalah indah bila dibandingkan Wakatobi.

Hamparan karang di perairan jernih Sagori
info gambar

Keindahan Sagori ini ternyata menyimpan cerita yang cukup menyeramkan. Konon di hamparan karang perairan Sagori, kita bisa menemukan bangkai-bangkai kapal yang pernah karam di sana. Dari warga setempat, kita akan dengan mudah mendengar cerita mengenai kapal VOC yang tenggelam ketika melalui perairan tersebut. Tidak hanya itu, kita juga akan mendengar kapal Cina, dan kapal-kapal lainnya. Beragam versi masyarakat mengenai berapa total jumlah kapal yang pernah karam, ada yang menyebut 3, 5 bahkan 7 kapal. Belum lagi cerita mengenai perahu-perahu kecil nelayan yang terbalik disapu ombak atau kasus warga yang tenggelam ketika sedang bermain air di pinggir pantai Sagori. Karena menjadi 'kuburan' bagi kapal-kapal yang mendekatinya, perairan Sagori ini dianggap sebagai salah satu Segitiga-Bermuda-nya Indonesia. Saya yang hampir tiap bulan menyebrangi lautan Sagori juga mengakui betapa menyeramkan ombak di kawasan tersebut. Tetapi ketakutan ini terbayarkan begitu Anda menginjakkan kaki di pasir putih Pulau Sagori.

'Kuburan' Kapal Sagori
info gambar



Sumber : Indira Pratiwi
Sumber Gambar Sampul : Indira Pratiwi

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini