Lupa Sandi?

Kopi Bulan Madu ? Seperti Apa sih Rasanya ?

Huda Faridha
Huda Faridha
1 Komentar
Kopi Bulan Madu  ? Seperti Apa sih Rasanya ?

Sudah pernah dengar Kopi Bulan Madu khas Bondowoso ? Sudah pernah cicipi juga ? Kalau kalian yang yang masih asing dengan kopi satu ini, begini nih rupa kopi unik tersebut.

Kopi Bulan Madu khas Bondowoso (travel.kompas.com)
Kopi Bulan Madu khas Bondowoso (travel.kompas.com)

Kabupaten Bondowoso tak hanya dikenal dengan tape manisnya saja, namun juga sebagai salah satu daerah penghasil kopi di Indonesia. Pun Bupati Bondowoso, Amin Said Husni, telah mendeklarasikan Kabupaten Bondowoso sebagai "Republik Kopi". Kopi unik khas Bondowoso yakni kopi Arabica Java Ijen Raung, dan dinamai Kopi Bulan Madu. Berbeda dengan kopi pada umumnya, Kopi Bulan Madu aman bagi lambung, lho. Selain itu, tanaman kopi ini tumbuh pada lahan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Dengan kontur dan kandungan tanah yang berbeda, terdapat unsur belerang yang membuat cita rasa kopi berbeda dari yang lain.

Rasa dari kopi ini terbilang unik. Pasalnya selain pahit, ada juga rasa asam sekaligus manis seperti rasa cokelat. Kebayang rasanya ?

“Rasanya nano-nano banget, sangat khas, ada kecut atau asem begitu, unik banget, tidak seperti kopi biasa,” ujar Halimah, salah satu warga, Sabtu (8/10/2016) seperti yang dilansir oleh Kompas.com

Kopi Arabica Java Ijen Raung diproses secara organik dengan mengunakan pola tanam dan perawatan sesuai standar Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) Indonesia.  Karena kopi ini  memiliki khasiat menambah stamina, Pemilik UMKM Kilang Mulia, Muhlis, sengaja memberi nama 'Bulan Madu'.

“Kopi ini memiliki khasiat untuk menambah stamina dan vitalitas, baik untuk pria maupun wanita. Makanya kita pilih  nama 'Bulan Madu',” terang Muhlis dalam Kompas.com .

Muhlis, Pemilik UMKM Kilang Mulia (travel.kompas.com)
Muhlis, Pemilik UMKM Kilang Mulia (travel.kompas.com)

Rata-rata, kopi Arabica Java Ijen Raung ini bisa terjual 2 kg per hari. Dengan berat 200 gram per bungkusnya, kopi Bulan Madu cukup murah yaitu seharga Rp 50.000 saja. Tak hanya orang Bondowoso saja yang terpikat kopi Bulan Madu, para pelancong pun juga turut meminati kopi ini.  Pemasaran produk kopi Bulan Madu juga dilakukan secara online, lho. Penasaran dengan kopi yang satu ini ? Tunggu apa lagi, segera datang di Kabupaten Bondowoso.




Sumber : travel.kompas.com
Sumber Gambar Sampul :

Pilih BanggaBangga50%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau50%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG HUDA FARIDHA

Mulai dari diri sendiri ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata