Cerita tentang gunung di Indonesia tidak hanya berkisar tentang keindahan alam dan pemandangannya yang menakjubkan. cerita – cerita mistis berupa mitos, legenda, dan sederet hal – hal misterius lainnya selalu menjadi bumbu tersendiri yang menjadikannya unik dari gunung – gunung lainya. Diantara berbagai gunung yang ada di pulau Jawa, beberapa gunung yang sering menjadi favorit para pendaki karena keindahannya juga menyimpan beragam kisah mistis yang tidak hanya seram namun memberikan warna tersendiri bagi para pendaki. Disadur dari berbagai sumber, berikut 5 gunung terpopuler di pulau jawa dengan pesona mistisnya yang sanggup membuat bulu kuduk merinding.

1. Gunung Merapi, Jawa Tengah

Pasar Bubrah (sumber : dok.pribadi)
Pasar Bubrah (sumber : dok.pribadi)

Gunung berapi yang hingga saat ini masih aktif tidak hanya menawarkan pesona indahnya, namun juga cerita mistis yang cukup menakutkan. Yang terkenal dari gunung merapi adalah Pasar Bubrah, berada tepat di bawah kawah Merapi. Konon katanya, Pasar Bubrah merupakan tempat berkumpulnya makhluk halus di Gunung Merapi. Selain itu, kawah di puncak gunung merapi merupakan istana makhluk halus dengan pintu masuknya yang berada di Gunung Wutoh, puncak dari Gunung Merapi.

2.Gunung Lawu, Jawa Timur

(sumber : blokberita.com)
(sumber : blokberita.com)

Berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan ketinggian 3265 mdpl, Gunung Lawu juga tidak kalah dengan cerita horror yang menyelimuti keindahannya. Gunung ini memiliki tiga puncak, yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumiling, dan Hargo Dumilah. Ketiga puncak tersebut oleh sebagian penganut aliran kebatinan tertentu dipercaya sebagai tempat sakral yang dihuni oleh makhluk halus berkekuatan tinggi. Pada malam 1 Suro, Gunung Lawu akan sangat ramai dengan orang – orang yang melakukan kegiatan tapa atau meditasi dengan tujuan – tujuan tertentu.

3.Gunung Salak, Jawa Barat

(sumber : piknikdong.com)
(sumber : piknikdong.com)

Terkenal dengan keindahan eksotis serta banyaknya air terjun yang menghiasi Gunung Salak merupakan salah satu primadona bagi para pendaki gunung. Namun, dibalik keindahan gunung ini terdapat cerita mistis. Di Gunung Salak terdapat makam Mbah Gunung Salak dan terdapat tulisan yang mengharuskan para pendaki untuk bersikap sopan. Para pendaki juga diharuskan untuk menjaga perlakuan ketika melewati kampug makhluk halus yang berada di Gunung Salak ketika melakukan pendakian.

4.Gunung Merbabu, Jawa Tengah

(sumber : Jemmy Effendy)
(sumber : Jemmy Effendy)

Dikenal sebagai LittleRinjani, merbabu memiliki pesona yang tidak bisa dielak. Keindahannya tampak luar biasa, begitu pula cerita mistis yang menyelimutinya. Sama seperti gunung merapi, gunung merbabu juga memiliki pasar setan yang merupakan tempat berkumpulnya para makhluk halus di gunung merbabu untuk melakukan transaksi gaib. Di pasar setan yang sering dijadikan tepat para pendaki mendirikan tenda, seringkali muncul penampakan – penampakan makhluk halus, entah dalam wujud jenazah yang tergeletak begitu saja atau pun potongan – potongan tubuh yang muncul dan lenyap begitu saja.  

Baca juga : Mengintip Pesona Gunung Merbabu, Primadona dari Jawa Tengah

5.Gunung Semeru, Jawa Timur

Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini menjadi salah satu favorit para pendaki. Keindahan Ranu Kumbolo dan eksotisme pemandangan dari Puncak Mahameru  menjadi sesuatu yang begitu diincar oleh para pendaki. Namun siapa sangka, dibalik keindahan itu terdapat kisah – kisah mistis yang membuat bulu kuduk merinding.  Menurut cerita yang beredar, di Ranu Kumbolo terdapat sesosok makhluk halus berwujud perempuan. Makhluk tersebut akan muncul pada sore hari menjelang malam dengan cara melayang dari ujung danau yang satu ke ujung danau lainnya.

Ranu Kumbolo di Gunung Semeru. Indah dan mistis menjadi satu (sumber : dok.pribadi)
Ranu Kumbolo di Gunung Semeru. Indah dan mistis menjadi satu (sumber : dok.pribadi)

Selain itu,di gunung semeru juga terdapat Arcapada, arca kembar yang keberadaannya sangat misterius. Hanya orang – orang tertentu saja yang bisa melihat letak Arcapada ini, dan dipercaya bahwa siapa pun yang menemukan arca itu adalah orang – orang yang terpilih.



Sumber : berbagai sumber 
Sumber Gambar Sampul : dokumentasi pribadi

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu