Pentingnya Membaca Bagi Masyarakat Indonesia

Pentingnya Membaca Bagi Masyarakat Indonesia
info gambar utama

Membaca buku sangat baik untuk pengetahuan anak anak zaman sekarang. Mendapatkan informasi yang sangat banyak dan berlimpah dari membaca. Dari segi infrastruktur indonesia tidak kalah, Indonesia berada di urutan 34 untuk penilaian dari komponen infrastruktur, berada di atas Jerman, Portugal, Selaindia Baru dan Korea Selatan.

Namun minat membaca orang di indonesia masih sangat rendah. Menurut Kompas.com (29/8/2017), studi "Most Littered Nation In the World" yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016, menunjukkan Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara dalam hal minat membaca. Indonesia berada di bawah Thailand (59) dan di atas Botswana (61).

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Hal ini juga disampaikan oleh ibu Tri Rismaharini selaku Wali Kota Surabaya mengatakan bahwa kebiasaan membaca buku adalah kunci mujarab bagaimana membentuk sebuah bangsa yang kreatif. Dengan mencintai buku dan segala jenis literasi lainnya, kata Risma, penduduk sebuah negara akan terbiasa berimajinasi dan memprediksi banyak hal.

"Jangan meremehkan manfaat membaca. Dengan budaya membaca, kita akan menjadi bangsa yang kreatif karena terbiasa mengimajinasikan dan memprediksi apa yang kita baca," kata Tri Rismaharini di acara Awarding Surabaya Akseliterasi 2016 yang digelar di halaman Taman Surya, Minggu (18/12/2016).

Buku adalah jendela dunia sehingga dengan membaca buku, maka wawasan seseorang juga akan bertambah. Hal ini penting bagi Risma, "Sebab, kita harus membangun sumber daya manusia yang bisa survive dalam persaingan global," tegasnya sebagaimana dikutip Antara.

Ia juga mengatakan membaca sangat berbeda dengan melihat tampilan visual yang gambar, suara, warna dan penampakan setting tempat nya, sudah terlihat nyata. Ketika membaca, anak akan membayangkan sendiri semua yang dibacanya semisal rupa tokohnya dengan segala wataknya, setting tempat hingga ceritanya.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Membaca membuat Iin Prasetyo seorang remaja berprestasi, pelajar kelas XII SMA Negeri 1 Perbaungan, memiliki kiat supaya dapat terus memupuk dan mempertahankan hobinya membaca buku sejak kecil. Hobi yang dilakoni Iin sejak SD, terbukti dengan membaca rutin dan mengoleksi lebih dari 750 eksemplar majalah anak-anak, dan setelah SMP, Iin masih mencoba mendisiplinkan diri dengan memupuk hobi membaca novel yang dilakoninya hingga sekarang.

Berkat keuletan, ketekunan, kerja keras, dan kemauan untuk belajar juga yang mengantarkan Iin untuk meraih juara di berbagai event perlombaan, sebut saja: juara di Deutsch Olympiade (Olimpiade Bahasa Jerman) tingkat provinsi, juara 2 cipta puisi tingkat SMA FLS2N Kabupaten Serdang Bedagai, juara 1 lomba baca puisi SMAN 1 Perbaungan 2 kali berturut-turut, juara 1 dalam ajang tahunan sekolah cipta cerpen, karya tulis ilmiah 3 kali berturut-turut, dan lain-lain. Selain itu, Iin juga meraih predikat sebagai siswa terfavorit SMAN 1 Perbaungan periode 2014-2015


Sumber: tirto.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini