Pentingnya Membaca Bagi Masyarakat Indonesia

Pentingnya Membaca Bagi Masyarakat Indonesia

© samaggi-phala.or.id

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Membaca buku sangat baik untuk pengetahuan anak anak zaman sekarang. Mendapatkan informasi yang sangat banyak dan berlimpah dari membaca. Dari segi infrastruktur indonesia tidak kalah, Indonesia berada di urutan 34 untuk penilaian dari komponen infrastruktur, berada di atas Jerman, Portugal, Selaindia Baru dan Korea Selatan.

Namun minat membaca orang di indonesia masih sangat rendah. Menurut Kompas.com (29/8/2017), studi "Most Littered Nation In the World" yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016, menunjukkan Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara dalam hal minat membaca. Indonesia berada di bawah Thailand (59) dan di atas Botswana (61).

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
(© static.republika.co.id)

Hal ini juga disampaikan oleh ibu Tri Rismaharini selaku Wali Kota Surabaya mengatakan bahwa kebiasaan membaca buku adalah kunci mujarab bagaimana membentuk sebuah bangsa yang kreatif. Dengan mencintai buku dan segala jenis literasi lainnya, kata Risma, penduduk sebuah negara akan terbiasa berimajinasi dan memprediksi banyak hal.

"Jangan meremehkan manfaat membaca. Dengan budaya membaca, kita akan menjadi bangsa yang kreatif karena terbiasa mengimajinasikan dan memprediksi apa yang kita baca," kata Tri Rismaharini di acara Awarding Surabaya Akseliterasi 2016 yang digelar di halaman Taman Surya, Minggu (18/12/2016).

Buku adalah jendela dunia sehingga dengan membaca buku, maka wawasan seseorang juga akan bertambah. Hal ini penting bagi Risma, "Sebab, kita harus membangun sumber daya manusia yang bisa survive dalam persaingan global," tegasnya sebagaimana dikutip Antara.

Ia juga mengatakan membaca sangat berbeda dengan melihat tampilan visual yang gambar, suara, warna dan penampakan setting tempat nya, sudah terlihat nyata. Ketika membaca, anak akan membayangkan sendiri semua yang dibacanya semisal rupa tokohnya dengan segala wataknya, setting tempat hingga ceritanya.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Iin Prasetyo menerima berupa penghargaan (© Harian Analisa)

Membaca membuat Iin Prasetyo seorang remaja berprestasi, pelajar kelas XII SMA Negeri 1 Perbaungan, memiliki kiat supaya dapat terus memupuk dan mempertahankan hobinya membaca buku sejak kecil. Hobi yang dilakoni Iin sejak SD, terbukti dengan membaca rutin dan mengoleksi lebih dari 750 eksemplar majalah anak-anak, dan setelah SMP, Iin masih mencoba mendisiplinkan diri dengan memupuk hobi membaca novel yang dilakoninya hingga sekarang.

Berkat keuletan, ketekunan, kerja keras, dan kemauan untuk belajar juga yang mengantarkan Iin untuk meraih juara di berbagai event perlombaan, sebut saja: juara di Deutsch Olympiade (Olimpiade Bahasa Jerman) tingkat provinsi, juara 2 cipta puisi tingkat SMA FLS2N Kabupaten Serdang Bedagai, juara 1 lomba baca puisi SMAN 1 Perbaungan 2 kali berturut-turut, juara 1 dalam ajang tahunan sekolah cipta cerpen, karya tulis ilmiah 3 kali berturut-turut, dan lain-lain. Selain itu, Iin juga meraih predikat sebagai siswa terfavorit SMAN 1 Perbaungan periode 2014-2015


Sumber: tirto.id

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah jika sakit
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga13%
Pilih SedihSedih3%
Pilih SenangSenang21%
Pilih Tak PeduliTak Peduli8%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi54%
Pilih TerpukauTerpukau3%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Hebat!  Kampus Ini Dinobatkan Menjadi Kampus Paling Inovatif di Indonesia Tahun 2017 Sebelummnya

Hebat! Kampus Ini Dinobatkan Menjadi Kampus Paling Inovatif di Indonesia Tahun 2017

Ketika Para Seniman Ajak Masyarakat Atasi Covid-19 Lewat Pertunjukan Di Dunia Maya Selanjutnya

Ketika Para Seniman Ajak Masyarakat Atasi Covid-19 Lewat Pertunjukan Di Dunia Maya

egy herdian
@egyherdian

egy herdian

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.