Ini Lho Makna Logo & Maskot Asian Games Yang Bakal Digelar 2018 di Jakarta-Palembang

Ini Lho Makna Logo & Maskot Asian Games Yang Bakal Digelar 2018 di Jakarta-Palembang

Logo Asian Games ke-18 2018 © asiangames2018.id

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Tahun 2018 menjadi tahun yang penting bagi Republik Indonesia karena di tahun ini berbagai even internasional diselerenggarakan. Salah satunya adalah ajang olahraga akbar tingkat Asia atau Asian Games 2018 yang akan diselerenggarakan di dua kota yakni Palembang dan Jakarta. Berbagai persiapan telah dilakukan termasuk penentuan logo yang cukup menarik.

Logo resmi yang dipilih untuk Asian Games 2018 berupa tampak atas stadion utama dan lokasi pembukaan Asian Games 2018, Stadion Gelora Bung Karno. Logo yang didesain oleh Feat Studio dari Jakarta ini tampak seperti matahari yang mencerminkan semangat "Energy of Asia" dengan delapan arah pancaran.

Ein Beitrag geteilt von Vegit (@vegit_hughes) am

Tidak hanya logo, Asian Games 2018 juga memiliki tiga maskot unik yang akan menghiasi setiap gelaran pertandingan. Tiga maskot tersebut didesain berdasarkan inspirasi yang ada di Indonesia berupa tiga satwa yang melambangkan persatuan meski berasal dari tiga garis edar satwa yang berbeda. Penasaran seperti apa makna tiga maskot Asian Games 2018 kali ini? Berikut penjelasannya.

Bhin-Bhin (Gambar: evandopriyanto / skyscrapercity.com
Bhin-Bhin (Gambar: evandopriyanto / skyscrapercity.com

1. Bhin-Bhin

Maskot yang satu ini digambarkan sebagai seeokor burung Cendrawasih atau Burung Surga (Paradisaea Apoda) yang berasal dari tanah Papua. Maskot yang terlihat mengenakan rompi bermotif Asmat ini menyimbolkan "strategi" dalam kompetisi.

Burung Cendrawasih sendiri merupakan burung yang tersebar di Papua dan Pulau Aru, wilayah timur Indonesia. Burung ini disebut sebagai burung dari surga karena memiliki ciri yang sangat indah. Namun uniknya, burung ini memiliki kebiasaan aneh saat tidur, yakni bergelantung seperti kelelawar.

Athung (Gambar: evandopriyanto / skyscrapercity.com)
Athung (Gambar: evandopriyanto / skyscrapercity.com)

2. Atung

Sosok Atung digambarkan sebagai sosok Rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii/Axis Kuhlii) yang terkenal memiliki kecepatan dan kelincahan. Atung yang mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta ini disimbolkan sebagai "kecepatan".

Rusa ini merupakan binatang yang ada di Pulau Bawean, Gresik Jawa Timur. Rusa ini dikatakan merupakan rusa endemik dan tidak dapat ditemukan dilain tempat. Namun saat ini rusa yang dikenal sebagai hewan nokturnal ini dalam status dilindungi.

Kaka (Gambar: evandopriyanto / skyscrapercity.com)
Kaka (Gambar: evandopriyanto / skyscrapercity.com)

3. Kaka

Dan yang terakhir, maskot yang menyimbolkan "kekuatan" digambarkan dalam sosok Badak Bercula Satu (Rhinoceros Sondaicus) yang hanya ditemukan di Ujung Kulon, Banten. Badak ini digambarkan mengenakan pakaian tradisional khas Palembang.

Ketiga maskot tersebut menggambarkan bahwa Indonesia memang memiliki kekayaan dan potensi. Tidak hanya dalam keragaman flora fauna tetapi juga dalam etos dan semangat perjuangan.

Dalam ajang akbar yang dimulai tepat pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-73 ini akan menyambut 45 negara peserta dari seluruh Asia. Dan akan diadakan 490 pertandingan dari 44 cabang olahraga. Indonesia sendiri merupakan tuan rumah kedua kali setelah pada tahun 1962 menjadi tuan rumah untuk Asian Games edisi ke-4. Pada masa itu juara umum dirah oleh Jepang.

Kira-kira dengan logo dan maskot yang membanggakan itu apakah Indonesia bisa meraih prestasi yang baik di Asian Games 2018 kali ini? Atau akankah Tiongkok kembali mendominasi Asian Games untuk kesepuluh kalinya? Ataukah Indonesia mampu muncul sebagai kejutan? Bagaimana menurutmu?

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga75%
Pilih SedihSedih2%
Pilih SenangSenang4%
Pilih Tak PeduliTak Peduli3%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi6%
Pilih TerpukauTerpukau9%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Makassar, Punya Kuliner yang Wajib Dicoba! Sebelummnya

Makassar, Punya Kuliner yang Wajib Dicoba!

Sejarah Hari Ini (25 Mei 1963) - Pendirian Perusahaan Negara Kereta Api Selanjutnya

Sejarah Hari Ini (25 Mei 1963) - Pendirian Perusahaan Negara Kereta Api

Bagus Ramadhan
@bagusdr

Bagus Ramadhan

http://kulawarga.id

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.