Kabar terbaru datang dari Nusa Tenggara Barat. Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) disebut akan menghadirkan lima bendungan baru yang berlokasi di daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) pada kurun waktu 2015-2019.

Dari lima bendungan tersebut diketahui bahwa Bendungan Tanju sudah selesai dibangun dan telah diresmikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Senin (30/7) lalu. Sementara itu, empat bendungan lain yakni Bendungan Bintang Bano, Mila, Beringin Sila, dan Meninting masih dalam tahap penggarapan.

Bendungan Tersebut Siap Membantu Untuk Paskoan Air di NTB | Sumber: Detik Finance
Bendungan Tersebut Siap Membantu Untuk Paskoan Air di NTB | Sumber: Detik Finance

Dilansir melalui CNN Indonesia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengatakan bahwa progres pengerjaan Bendungan Mila bahkan sudah mencapai 82,3% dan ditargetkan rampung pada Desember mendatang. Di lain pihak, Bendungan Beringin Sila dan Meninting pun akan memasuki proses konstruksi.

Nantinya, keberadaan bendungan-bendungan tersebut turut menambah jumlah bendungan yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB). Diketahui bahwa saat ini di NTB terdapat sembilan bendungan yakni Batujai, Mamak, Pengga, Tiu Kulit, Sumi, Gapit, Batu Bulan, Pelaperado, dan Pandan Duri.

Melalui hadirnya bendungan ini, Presiden Republik Indonesia berharap akan terjadi peningkatan pasokan air di wilayah tersebut.  Apalagi saat ini di Indonesia terhitung hanya ada sekitar 231 bendungan, di mana jumlah tersebut jauh lebih kecil dibanding dengan Amerika Serikat (AS) yang memiliki 6.100 bendungan, juga China yang terangkai atas 110 ribu bendungan. Oleh sebab itu, pengerjaan bendungan di beberapa daerah lain juga masih terus dilakukan agar terciptanya kesejahteraan masyarakat.

Sumber: CNN Indonesia

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu